5 Daerah Produsen Batik Indonesia Terbaik

produsen batik

Indonesia yang merupakan negara multikultural memiliki batik sebagai kekayaan seni. Batik Indonesia telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan dunia pada tahun 2009. Ada 5 daerah produsen batik Indonesia terbaik dengan karakteristik masing-masing.

produsen batik

  1. Yogyakarta

Kota Yogyakarta memang terkenal dengan pusatnya budaya batik Indonesia. Produk batik Yogyakarta memiliki motif yang khas dengan warna natural seperti hitam, coklat, putih, krem dan nila. Motif yang terdapat pada batik Yogyakarta salah satunya adalah motif grompol. Batik dengan motif tersebut biasanya dikenakan pada acara pernikahan maupun upacara tradisional. Motif grompol memiliki makna bersatunya semua hal yang baik seperti kebahagiaan, keberuntungan, kehidupan pernikahan yang harmonis dan anak-anak. Anda dapat menemukan beragam batik khas Yogyakarta di jalan Malioboro, Pasar Beringharjo dan seluruh galeri batik di sana.

  1. Solo

Kota Solo terletak tidak jauh dari Yogyakarta, jarak keduanya sekitar 60 kilometer di sebelah timur Yogyakarta. Solo merupakan kota tua yang juga terkenal dengan produk batik terbaik di Pulau Jawa. Batik Solo biasanya didominasi dengan warna coklat dan krem dengan sentuhan kuning keemasan. Motif dan desain batik Solo biasanya adalah bunga dan burung. Gaya khas batik Solo adalah Solo Malam yakni berwarna terang dengan kain hitam. Tidak hanya dapat melihat dan membeli batik, di Solo Anda juga bisa belajar membatik. Ada galeri-galeri seni batik yang bisa Anda kunjungi sekaligus belajar membatik di sana.

  1. Pekalongan

Batik Pekalongan  dikenal dengan desain yang modern. Penerapan warna cerah dan juga model alam menjadi khas dari batik Pekalongan. Biasanya batik Pekalongan memiliki motif burung dengan warna merah dan biru atau bunga-bunga di atas kain berwarna putih. Tekstur dan desain batik ini sangat lembut, oleh karena itu harganya turut bersaing dengan batik Solo dan Yogyakarta. Anda dapat melihat proses pembuatan batik Pekalongan dengan mengunjungi pabrik-pabrik pembuatan batik.

  1. Cirebon

Batik yang dikenal dengan batik Kencana Ungu adalah batik yang berasal dari Kota Cirebon. Batik Cirebon dibuat pada kain tenun terbaik. Perpaduan budaya Cina di Cirebon mempengaruhi motif batik di sana, mulai dari warna hingga motifnya. Mulai dari motif naga, gajah, singa dan harimau. Hal yang tidak tertinggal dari batik Cirebon ialah motif awan dan gunung bebatuan. Para wanita di Cirebon tidak menggambar motif batik sebelum diberi lilin.

  1. Madura

Motif batik Madura dikenal dengan gambar burung dan bunga disertai sedikit sentuhan seni Cina. Selain itu, pengaruh dari Kerajaan Mataram juga sangat kental terlihat pada batik hasil produksi Madura. Batik dengan warna merah mengkudu, warna indigo dan merah kecoklatan dengan motif naga bersayap, kuda terbang dan hewan lainnya

Itulah 5 daerah produsen batik Indonesia terbaik. Tidak hanya kain yang berkualitas namun motif yang terdapat pada batik juga memiliki makna tersendiri.

Kami adalah kainbatikbagus.com produsen batik  dari solo siap menerima order/pesanan  seragam batik untuk segala macam kebutuhan anda dengan minimal order 125 meter , untuk info dan pemesanan silakan SMS/WA kami di 0822 5959 2299

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *