Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home / Kain Batik Printing

Kain Batik Printing

Tentang Batik Printing

Batik sablon adala nama lain dari batik printing. Ini adalah salah satu jenis batik yang menggunakan teknis pembuatan dengan proses sablon manual. Apa itu sablon manual? Kalau Anda familiar dengan pembuatan spanduk atau kaos, nah, batik printing dibuat dengan cara dan teknis yang sama.

Jadi, bisa dibilang, bila Anda memegang teguh prinsip pembuatan batik idealnya dilakukan dengan buatan tangan (handmade), batik printing bisa dibilang bukanlah suatu mahakarya batik buatan tangan.

Kenapa demikian?

Ini karena model batik printing dibuat dengan tidak melalui proses perbatikan di mana adanya beberapa proses, seperti perintangan warna. Secara garis besar, dapat diartikan juga batik priting adalah kain tekstil dengan motif batik.

Batik Printing Lebih Bervariasi dan Fleksibel Pembuatannya

Walaupun tidak dibuat dengan pembuatan tangan (handmade) dari pembuat batik pada umumnya, batik printing lebih bervariasi dan fleksibel. Karena dibuat dengan manual printing, sejatinya, semua motif batik yang ada dapat dituangkan menjadi sebuah desain batik printing.

Dengan keluwesan ini, semua motif batik dapat tercipta melalui metode batik printing pada berbagai jenis kain tekstil. Tentunya, ini adalah suatu kelebihan dan kekurangan dalam satu waktu. Walaupun demikian, banyak sekali penggunaan batik printing karena lebih murah, fleksibel, dan bahan yang lebih variatif penerapannya. Pun, motif atau corak yang ingin digunakan dapat bermacam-macam bentuknya.

Kelebihan paling utama pada batik printing terletak pada kecepatan produksi. Bagaimana tidak, bayangkan saja, untuk mencetak satu warna batik pada kain tekstil, hanya membutuhkan kurang lebih lima menit.

Pun, banyak yang bilang motif batik printing lebih detil dari batik lainnya. Batik printing sangat cocok untuk Anda yang membutuhkan batik dalam jumlah banyak. Selain lebih hemat biaya produksinya, batik printing juga sangat fleksibel dan variatif.

Kenapa Memilih Batik Printing?

Sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. Namun, kalau Anda membutuhkan batik printing karena beberapa alasan, seperti:

  1. Membutuhkan motif kain batik dalam jumlah yang cukup banyak. Semisal, untuk seragam sekolah, seragam perusahaan, seragam keluarga untuk acara tertentu. Anda bisa memesan dan menggunakan batik printing untuk menekan biaya.
  2. Waktu produksi sangat cepat dan tidak membutuhkan waktu yang lama.
  3. Warna dan motif lebih konsisten pada batik printing karena pembuatannya digunakan dengan mesin dengan tingkat kesalahan sangat kecil dan rasional.

Dengan segala kelebihannya, kekurangan batik printing tidaklah terlalu terlihat. Pun, penggunaan batik printing akan lebih lama masa pemakaiannya dengan perawatan dan aturan yang tepat.

Proses Pembuatan Batik Printing

  1. Sediakan desain dengan ukuran satu bahan, lebih dan kurangnya, ukuran 2 x 1 meter
  2. Kemudian Cetak film desain dalam plankan (plankan yang digunakan untuk batik, pori-porinya lebih besar dibandingkan dengan plankan yang biasa digunakan untuk spanduk atau kaos).
  3. Jumlah plankan yang dibutuhkan adalah sesuai dengan jumlah warna yang akan digunakan.
  4. Siapkan kain mori dasar yang akan disablon, dengan posisi kain mori yang kencang.
  5. Letakkan plankan di atas kain, lalu tuangkan pewarna dan tarik pewarna dari ujung plankan ke ujung plankan lainnya dengan valet.
  6. Keringkan kain mori yang telah diberikan warna.
  7. Ulangi langkah di atas, untuk setiap perbedaan warna dan desain.

Tertarik untuk memesan dan membeli batik printing untuk segala kebutuhan Anda? Silakan memesan melalui kainbatikbagus.com untuk harga spesial, promo, dan diskon pesanan tertentu.