Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home / Kain Batik / Motif Unik Kain Batik dari Pabrik Batik Bandung yang Wajib Anda Ketahui

Motif Unik Kain Batik dari Pabrik Batik Bandung yang Wajib Anda Ketahui

Pabrik Batik Bandung – Hingga saat ini sepertinya masih banyak yang tidak mengetahui bahwa Kota Bandung juga memiliki kerajinan batik dengan motif yang khas. Memang pada umumnya masyarakat hanya mengetahui batik Cirebon saja yang berasal dari Jawa Barat. Jika ditilik dari perkembangan sejarah, motif yang menjadi ciri khas Batik Bandung juga baru saja diresmikan sekitar bulan Juli tahun 2014 dari hasil sayembara. Perlu anda ketahui bahwa sejatinya kegiatan produksi batik di Bandung telah dilakukan sebelum Indonesia merdeka. Pada saat itu para pengrajin batik berpusat di sekitar Sungai Cikapundung dan masih menjalankan kegiatan produksi batik skala kecil atau rumahan.

Pabrik Batik Bandung

Seiring dengan berjalannya waktu, Bandung memiliki sebuah kawasan yang terletak di daerah Cigadung yang diperuntukkan sebagai daerah pengembangan Batik Bandung. Selain itu pabrik Batik Bandung juga bisa anda temui di daerah Sarijadi dan Bojong Koneng. Motif- motif batik yang ada saat ini merupakan hasil reka ulang beberapa motif yang pernah tercipta di masa kejayaan Kerajaan Pajajaran. Reka ulang motif – motif Batik Bandung di ambil dari sebuah naskah kuno yang berjudul Siksa Kanda Ing Karesian. Sehingga tentunya motif yang tertuang dalam Batik Bandung memiliki makna atau filosofi yang mendalam.  Berikut beberapa motif Batik Bandung yang sangat khas dan menarik untuk dibahas.

Batik Bandung Motif Pakuan Pajajaran

Menurut sejarah, sejatinya wilayah Jawa Barat sudah mengembangkan motif pada kain pada masa kejayaan Kerajaan Pajajaran. Tetapi lambat laun motif – motif ini hilang bersamaan dengan redupnya Kerajaan Pajajaran. Namun berkat sebuah naskah kuno ada beberapa motif yang akhirnya bisa di reka ulang dan digunakan oleh pabrik Batik Bandung seperti Ragen Penganten, Banyak Nyantrang, dan Kembang Muncang Jayanti.

Batik Bandung Khas Lembang

Pada tahun 2007, wilayah Bandung Barat tepatnya di Lembang memulai sebuah gerakan untuk menciptakan batik khas Lembang. Dimana gerakan ini di prakarsai oleh seorang kolektor batik. Sebelum adanya gerakan tersebut, Lembang menjual produk kain batik dari berbagai daerah lainnya. Tetapi saat ini, Lembang memiliki batik khasnya tersendiri dimana motifnya di adaptasi dari kearifan tanah Lembang itu sendiri. Beberapa motif batik khas Lembang yaitu motif Kenanga, Bintang, Boscha Perkasa, Papatong Pucuk Teh, Pinus, dan Kawung Stroberi.

Motif – motif pabrik Batik Bandung yang menarik tersebut tentunya akan membuat konsumen ingin segera memiliki kain batik dan menggunakannya sebagai busana sehari- hari. Jika anda ingin memesan produk batik dan kain batik murah tetapi berkualitas, anda dapat menghubungi kami melalui Kainbatikbagus.com. Kami menawarkan jasa pembuatan produk dari kain batik printing murah , awet, tidak luntur dan bergaransi, kami menerima  pesanan dalam bentuk kain ataupun baju batik jadi siap pakai. Untuk info dan pemesanan hubungi WA 0822 5959 2299

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *