5 Tips Memilih Kain untuk Seragam Batik yang Berkualitas

seragam batik

Kain batik hadir dengan beragam tingkat kualitas yang mempengaruhi tingkat kenyamanan Anda saat mengenakannya. Semakin berkualitas kain batiknya, maka harga yang ditawarkan juga semakin tinggi. Namun, harga kain batik biasanya dipengaruhi oleh tingkat kesulitan proses pembuatannya. Oleh karena itu dibutuhkan tips dalam memilih kain untuk pembuatan seragam batik yang berkualitas.

seragam batik

  1. Perhatikan Jenis Kain Batik

Ada baiknya untuk memperhatikan jenis kain batik yang akan dijadikan seragam. Kain batik tulis memiliki kualitas yang lebih bagus dibandingkan batik cetak ataupun cap. Harga keduanya juga berbeda, batik tulis cenderung lebih mahal. Proses pembuatan batik tulis lama karena dibutuhkan keterampilan tinggi dengan alat khusus yang berupa canting. Cara pembuatan batik dengan pencantingan merupakan cara tradisional dan identik dengan nilai sejarah. Maka tidak heran jika harganya juga melambung tinggi dan juga lebih banyak peminatnya.

  1. Lihat Jenis Bahan

Untuk pembuatan seragam batik juga perlu diperhatikan bahan kain sesuai dengan konteks pemakaiannya. Jika seragam batik dikenakan saat kegiatan sehari-hari, pilihan batik berbahan katun adalah yang terbaik. Selain dapat menyerap keringat, bahan katun juga cenderung nyaman dikenakan karena anti gerah. Jika untuk dikenakan pada acara spesial, pakaian batik berbahan sutra adalah yang paling sempurna. Keduanya merupakan bahan kain batik yang kerap dipilih untuk kegiatan tersebut.

  1. Raba Cetakan Warnanya

Cat pada kain batik memiliki kualitas yang berbeda, maka dianjurkan untuk memilih kain batik yang catnya tidak menempel di kulit. Sebelum membeli, rabalah cat pada kain batik, jika catnya menempel, maka jangan pilih kain batik tersebut. Hal itu dikarenakan penggunaan cat pada kain batik tersebut memiliki kualitas yang rendah. Kain batik yang menggunakan cat kualitas rendah, lama kelamaan akan memudar, hal inilah yang perlu diperhatikan saat memilih kain batik.

  1. Membalik Bahan

Bahan batik yang akan Anda beli sebaiknya diperhatikan dengan seksama. Kain batik yang memiliki kualitas bagus ditandai dengan cetakan luar dan dalam yang sama. Saat membeli, jangan lupa untuk membalik kain batik, perhatikan motif dan warna yang ada pada bagian dalam dan luar, jika sama maka kain tersebut memiliki kualitas terbaik. Biasanya juga kain yang seperti ini akan awet ketimbang kain batik yang tidak sama luar dan dalamnya.

  1. Tempelkan pada Kulit

Saat membeli kain batik, cobalah untuk menempelkan kain pada lengan. Jika terasa sejuk dan lembut maka kain yang digunakan memiliki kualitas bagus. Kain batik tersebut juga tidak mudah kusam meskipun telah dicuci berkali-kali. Hal yang perlu Anda ingat adalah apabila menemukan kain batik yang tampak kaku, jangan khawatir, karena biasanya akan melunak setelah dicuci.

Jadi, sudah siap memilih kain batik untuk pembuatan seragam batik? Semoga tips di atas dapat membantu.

Kami adalah kainbatikbagus.com pabrik batik terpercaya, siap menerima order/pesanan seragam batik murah dan berkualitas tinggi untuk segala macam kebutuhan batik anda dengan minimal order 125 meter, denganĀ  desain dan motif sesuai keinginan anda , untuk info dan pemesanan silakan SMS/WA kami di 0822 5959 2299

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *