Kualitas Kain Batik Untuk Membuat Seragam Maupun Pakaian Lain

kain batik

Kainbatikbagus.com adalah pabrik batik murah yang mengutamakan kualitas baik dari bahan kain batik ataupun pencetakan dan pewarnaanya yang tidak luntur, WA  : 0822 5959 2299 dengan minimal order hanya 125 meter, anda bisa membuat motif sesuai logo instansi anda sendiri dan kami menyediakan desainer yang handal dan berpengalaman di dunia desain batik, yang siap mendesainkan motif batik terbaik untuk anda.

Batik adalah kain dengan motif tradisional yang berasal dari Indonesia dan telah diakui menjadi kain nasional. Setiap daerah produsen batik memiliki ciri khas dan juga karakternya sendiri-sendiri yang menambah kekayaan dari batik. Maka dari itu aplikasi penggunaan batik pun juga cukup beragam. Batik saat ini banyak digunakan sebagai bahan pembuatan pakaian, dibuat juga untuk produk-produk pakai lainnya seperti tas, sepatu, selendang, dan masih banyak lagi lainnya. Anda pun juga bisa membuat seragam bermotif batik untuk membuat seragam terlihat lebih indah dan tidak kaku desainnya. Agar hasil jadi produknya memiliki kualitas yang bagus, kain batik yang digunakan tentunya juga harus bermutu terbaik. Berikut adalah beberapa hal untuk diperhatikan saat memilih batik di tempat pabrik batik.

Jenis cetakan motifnya

Kualitas kain batik sangat ditentukan berdasarkan dengan jenis cetakan motifnya. Untuk mencetak motif pada kain, pada umumnya digunakan dua teknik yaitu teknik tulis atau teknik cap. Batik tulis adalah batik yang digambar secara manual dengan menggunakan tangan sehingga biasanya motifnya tidak monoton dan berbeda dari satu kain dengan kain lainnya. Karena teknik pengerjaan yang lebih sulit dan desain yang lebih eksklusif maka biasanya batik tulis berharga lebih mahal. Sehingga untuk produk masal biasanya digunakan teknik cap. Untuk produk-produk komersial yang dijual di pasaran saat ini mayoritas adalah batik cap atau batik yang dicetak menggunakan mesin modern.

kain batik

Jenis kain sesuai dengan kegunaan

Jika Anda ingin membuat seragam batik ada baiknya memilih kain dengan jenis yang nyaman digunakan untuk beraktivitas seharian, seperti misalnya bahan kain katun yang tidak terlalu tebal dan bisa menyerap keringat serta tidak panas. Kain katun adalah jenis kain yang paling banyak digunakan untuk membuat seragam baik itu atasan maupun bawahan. Anda juga bisa menambahkan furing pada pakaian untuk memberikan tekstur yang lebih tebal dan agak kaku namun tetap nyaman dipakai untuk kesan yang lebih elegan. Sedangkan untuk pakaian batik yang lebih formal dan untuk pesta biasanya dipilih bahan sutra yang lebih halus dan mengkilap.

Kualitas pewarnaan

Anda bisa melihat kualitas sebuah kain batik dengan melihat kualitas pewarnaannya. Sentuh dan rabalah permukaan kain. Jika terasa kasar biasanya warna akan mudah luntur dan pecah jika dijemur di bawah sinar matahari. Berbeda dengan kain yang kasar, jika Anda menemukan batik dengan tekstur kain yang kaku dan tidak halus tidak perlu khawatir karena biasanya kain yang kaku akan melembut sendiri setelah dilakukan beberapa kali proses pencucian. Untuk pembuatan seragam batik yang harganya lebih murah, menggunakan batik dengan kualitas yang sedang pun tidak masalah asalkan bahan yang digunakan nyaman untuk dikenakan orang.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *