Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home / Tips / 5 Tips Agar Batik Tidak Luntur dan Awet

5 Tips Agar Batik Tidak Luntur dan Awet

Tips agar batik tidak luntur – Merawat baju batik ini tidak sesulit yang dibayangkan dan tidak memakan biaya yang banyak.  Sebagus apapun batik jika tidak dirawat dengan baik akan menyebabkannya rusak dan menjadi mudah luntur. Luntur menjadi momok menakutkan bagi pengguna batik karena selain bisa menyebabkan pakaian lainnya terkena dampak lunturannya, selain itu warna dari batik tersebut akan terlihat pudar dan kusam. Supaya tidak salah dalam perawatan, simak tips agar batik tidak luntur yang wajib Anda lakukan berikut ini:

Pisahkan Batik dengan Lainnya

Supaya batik terawat dengan baik ada baiknya jika Anda melakukan penyortiran. Penyortiran ini adalah memisahkan baju biasa dengan baju batik. Tidak hanya itu saja batik yang mengalami luntur harus dipisahkan dari batik lainnya.

Hindari Penggunaan Parfum yang Berlebihan

Banyak yang tidak menyangka jika parfum yang disemprotkan ke seragam maupun kain batik yang berlebihan akan merusak serat kain sehingga menimbulkannya menjadi rusak atau bahkan luntur. Hindari menyemprotkan parfum kimia berlebihan pada batik supaya tetap awet dan anti luntur.

Jangan Menggunakan Mesin Cuci

Tips agar batik tidak luntur selanjutnya adalah hindari mencuci menggunakan mesin cuci. Menggunakan mesin cuci ini memang dirasa cepat dan praktis namun terlalu sering dalam menggunakannya justru akan membuat serat kain batik menjadi rusak. Terutama jika kain batik Anda tipis jangan mencuci menggunakan mesin cuci namun cara manual lebih disarankan.

Jangan Menggunakan Pemutih

Tips agar batik tidak luntur

Tidak ada yang menjamin baju maupun seragam batik Anda akan bersih setiap waktu. Saat mengonsumsi makanan dengan kuah bisa saja kuah tersebut tumpah ke seragam batik Anda. Untuk membersihkannya hindari menggunakan pemutih. Anda bisa merendam kain batik tersebut beberapa jam, barulah dibersihkan dan dicuci tanpa menggunakan sikat namun di kucek dengan tangan. Penggunaan sikat hanya akan membuat serat kain menjadi kasar dan rusak.

Gunakan Shampoo

Selama ini banyak yang menggunakan detergent untuk mencuci batik, namun hal tersebut adalah langkah yang salah karena membuat batik menjadi luntur dan tidak cerah lagi.  Anda bisa menggunakan shampoo sebagai pengganti detergent. Alternatif lainnya selain shampoo Anda bisa menggunakan sabun mandi untuk membersihkan dan mencuci baju batik Anda agar bersih kembali.

Batik yang berkualitas adalah batik yang tidak luntur bahan dan juga ornamennya. Dengan perawatan yang baik dan benar batik akan awet dan bertahan lama. Nah, jika Anda mencari batik yang berkualitas dan anti luntur bisa menggunakan jasa dari kami. Kami dari Kain Batik Bagus menawarkan bahan batik yang berkualitas maupun seragam batik yang langsung jadi. Jenis batik yang kami tawarkan ada tiga yaitu batik tulis, batik cap, dan juga batik printing. Dengan menggunakan produk dari kami dan melakukan beberapa tips agar batik tidak luntur di atas dijamin seragam maupun baju batik Anda akan awet dan warnanya tetap cerah meski sudah lama digunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *