4 Ciri Batik dengan Kualitas Bagus yang Wajib Anda Ketahui!

Ciri Batik dengan kualitas bagus

Ciri Batik dengan kualitas bagus – Batik adalah warisan budaya negara Indonesia yang patut dilestarikan. Jangan malu menggunakan batik karena saat ini sudah bisa disesuaikan dengan trend busana masa kini asalkan tidak menghilangkan nilai dari spiritual batik tersebut.  Bagi Anda yang ingin mengenal batik lebih dalam, ada baiknya jika Anda memahami nilai spiritual apa saja yang terkandung dalam batik tersebut. Tidak hanya itu saja, Anda yang akan menggunakan batik sebaiknya mengetahui seperti apa batik dengan kualitas bagus tersebut. Jika tidak, Anda akan mendapatkan batik yang kualitasnya tidak seperti yang diharapkan. Agar tidak salah pilih, simak beberapa ciri batik dengan kualitas bagus yang harus Anda pertimbangkan berikut ini:

Mempertahankan Orisinalitas Ragam Motif

Produsen batik boleh berkreasi dengan berbagai macam motif maupun desain, namun tidak boleh melupakan ragam motif yang selama ini sudah ada di Indonesia. Ragam motif tersebut dipercaya memiliki nilai dan unsur spiritual sehingga jika motif tersebut dihilangkan maka nilai spiritual ini juga akan hilang. Hal itu dikarenakan batik tidak hanya sekadar busana namun di dalamnya menyimpan nilai luhur yang mana tidak didapatkan dari kain yang lainnya. Agar Anda bisa mendapatkan batik yang berkualitas dengan orisinalitas ragam motif yang masih terjaga sebaiknya Anda mengetahui macam-macam motif batik dan nilai spiritual yang terkandung di dalamnya terlebih dahulu.

Tidak Luntur

Produsen yang tidak berkualitas akan menghasilkan produk batik yang tidak berkualitas dimana disebabkan oleh bahan pembuatan batik yang juga tidak berkualitas. Salah satu masalah yang sering dikeluhkan oleh pembeli batik kualitas abal-abal adalah sering luntur. Untuk menghindari hal tersebut Anda bisa membeli di produsen batik yang terpercaya. Mereka akan memproduksi batik dengan menggunakan bahan dan tinta yang berkualitas sehingga anti luntur.

Ciri Batik dengan kualitas bagus

Bahan yang Nyaman

Ciri batik dengan kualitas bagus selanjutnya adalah terbuat dari bahan yang nyaman. Jangan tergiur dengan harga yang murah karena belum tentu kualitasnya terjamin dimana ada beberapa batik dengan harga murah yang panas digunakan dan tidak bisa menyerap keringat dengan baik.

Jahitan yang Rapi dan Sesuai Motif

Apapun modelnya sebaiknya tidak menyalahi motif yang sudah ditetapkan. Yang harus Anda ketahui adalah motif batik tidak boleh terbalik misalnya saja adalah Gurdo yang mana posisinya tidak boleh menghadap ke bawah, batik dengan motif parang yang tidak boleh terbalik, dan lain sebagainya. Selain itu pastikan jika Anda mendapatkan seragam maupun busana batik yang jahitannya rapi.

Batik yang berkualitas dengan yang tidak akan mudah terlihat dan terasa terutama ketika bahannya diraba. Agar tidak salah pilih sebaiknya jeli saat memilih produsen batik. Produsen bati terbaik dan berkualitas yang bisa Anda gunakan jasanya adalah Kain Batik Bagus. Kami dari Kain Batik Bagus menawarkan batik dengan kualitas terbaik mulai dari batik tulis, batik cap, dan juga batik printing, selain itu kami juga menyediakan kain batik dengan berbagai macam bahan. Soal kualitas tidak perlu diragukan lagi. Anda bisa menemukan semua ciri batik dengan kualitas bagus seperti yang disebutkan di atas pada produk kami, karena kualitas produk kami sangat terjamin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *