Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home / Kain Batik / Ciri Khas Batik dari Pabrik Batik Surakarta yang Sangat Menarik

Ciri Khas Batik dari Pabrik Batik Surakarta yang Sangat Menarik

Pabrik Batik Surakarta – Berbicara mengenai batik memang tidak akan pernah ada habisnya. Batik sebagai salah satu warisan budaya asli dari Indonesia tentunya menyimpan banyak makna dan filosofi yang terkandung pada setiap corak dan perpaduan warnanya. Sayangnya makna – makna mendalam dari setiap motif batik saat ini tak banyak diketahui oleh masyarakat. Padahal hal tersebut penting untuk terus di sosialisasikan agar membuat masyarakat semakin cinta dengan batik. Dengan adanya pabrik – pabrik batik yang besar maka hal tersebut tentunya akan membantu menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap batik.

Kain batik yang dihasilkan oleh pabrik Batik Surakarta memang sangatlah unik karena tentunya berbeda dengan batik dari daerah lainnya di Pulau Jawa. Salah satu ciri khas unik dari kain Batik Solo adalah motifnya yang sangat beragam. Dimana masing – masing motif pada umumnya tersusun secara diagonal dan di dominasi oleh warna – warna alam yang kontras seperti perpaduan warna gelap dan terang. Selain itu, motif – motif pada kain Batik Solo juga tercipta karena adanya runtutan peristiwa di masa Keraton Mataram Kartasura. Dimana motif – motif yang ada merupakan sebuah simbol di kala itu yang menggambarkan tentang semangat, kekuatan, dan kebijaksanaan. Jika anda tertarik dengan motif – motif Batik Solo, maka simak jenis – jenis motif berikut ini.

Pabrik Batik Surakarta

Batik Solo Motif Parang

Motif parang merupakan salah satu motif batik yang tertua di Indonesia dimana parang memiliki arti yang sama dengan lereng. Sehingga motif yang tercipta juga tersusun secara diagonal dengan pola huruf S dari bidang yang tinggi ke bidang yang rendah. Motif S sendiri merupakan simbol dari sebuah hal yang terus berkesinambungan layaknya ombak samudera. Sehingga dimaknai sebagai simbol yang mengingatkan manusia untuk tidak pernah berhenti memperbaiki diri.

Batik Solo Motif Sidomukti

Batik dengan motif sidomukti yang diproduksi oleh pabrik Batik Surakarta ini paling sering dikenakan oleh pasangan pengantin. Sebab Sido berarti “ jadi “, sedangkan mukti berarti “ makmur “. Sehingga motif batik ini dimaknai sebagai sebuah simbol yang mengantarkan pasangan pengantin ke kehidupan yang makmur dan lebih baik.

Batik Solo Motif Kawung

Batik solo dengan motif ini menggambarkan empat lembar bunga yang merekah sehingga di zaman kerajaan batik dengan motif ini hanya boleh dipakai oleh kalangan kerajaan saja. Motif batik ini dimaknai sebagai simbol seorang pemimpin yang bijaksana.

Motif – motif Batik Solo diatas tentunya sangatlah menarik. Jika anda ingin memesan Batik solo custom (motif sesuai keinginan anda ) yang berkualitas dengan harga yang terjangkau maka anda dapat memesan kepada kami di Kainbatikbagus.com. Karena kami merupakan pabrik Batik Surakarta yang menjual beragam produk kain batik dengan desain yang bervariasi. Untuk info dan pemesanan hubungi WA 0822 5959 2299

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *