Home / Kain Batik / Macam-Macam Motif Kain Batik Beserta Nilai Filosofis Di Dalamnya

Macam-Macam Motif Kain Batik Beserta Nilai Filosofis Di Dalamnya

Rate this post

Hingga hari ini berbagai macam produsen terus melakukan inovasi untuk menghasilkan batik dengan kualitas terbaik. Tidak hanya banyak juga berbagai macam motif kain batik yang perlu kamu ketahui. Berbagai macam motif ini tentu akan membuat kamu punya pandangan terkait mana batik yang memiliki desain dan bahan yang terbaik.

Motif-motif yang ada ini tentunya bisa membuat kamu banyak pilihan ketika akan digunakan untuk berbagai acara baik formal ataupun informal. Tidak hanya itu motif dari berbagai batik ini juga menunjukkan ciri khas suatu daerah tertentu. Bahkan, para pemakai batik ini hingga kini juga disesuaikan dengan umur sehingga sangat cocok untuk anak-anak, remaja dan juga orang tua.

kain batik

Parang Kusumo

Batik parang kusumo ini produsennya berasal dari kota Solo yang merupakan salah satu kota penghasil batik terbesar di Indonesia. Motif dari batik satu ini memiliki ciri khas yaitu ada ombak laut pada desainnya. Filosofis dari ini semua adalah karena ombak pasti akan mampu menerjang berbagai hal di depannya termasuk tebing dan karang laut.

Selain itu, filosofis lainnya dari batik tersebut adalah seseorang memang perlu usaha keras untuk mencapai apa yang diinginkan. Dengan adanya perjuangan ini nantinya tentu akan mencapai kepuasan baik secara lahir maupun batik. Bentuk ini bisa terlihat pada sikap dan perilaku yang semakin membaik dari hari ke hari.

Mega Mendung

Motif batik mega mendung ini merupakan batik yang berasal dari kota Cirebon, Jawa Barat. Konsep Mega Mendung ini memiliki ciri khas tersendiri yaitu adanya awan mendung yang ada pada batik tersebut. Tidak hanya itu, motif satu ini juga hanya ada tujuh gradasi dalam setiap batik yang dibuatnya itu.

Semua ini tentu memiliki filosofisnya yang mendalam dimana tujuh gradasi ini merupakan gambaran langit yang hanya ada tujuh lapis. Tidak hanya itu, awan mendung ini sebenarnya merupakan gambaran bahwa manusia tidak boleh cepat marah dan harus selalu sabar. Dengan modal itu semua maka dia akan mulia dihadapan sang pencipta dan makhluk lainnya.

Sido Mukti

Untuk motif lainnya yang juga tidak kalah populernya dari yang lain ini sering disebut sebagai Sidomukti. Motif satu ini juga berasal dari Keraton Solo Jawa tengah yang banyak digambarkan dengan kupu-kupu, gunung dan yang lainnya. Untuk motif batik ini konsep itu dilukis dengan zat pewarna dengan warna coklat di dalamnya.

Batik satu ini juga memiliki filosofis yang tidak kalah tingginya dari motif batik lainnya yang pernah ada. Sido ini memiliki makna jadi atau terus menerus dan Mukti ini bermakna mulia atau sejahtera. Dari ini tentu menggambarkan bahwa setiap sikap manusia harus selalu berdasarkan kemulian dan ini harus dilakukan secara terus-menerus. Jadi segala sikap yang ada pada manusia tidak boleh keluar dari koridor ini agar dicintai oleh semua makhluk.

Itulah beberapa motif kain batik yang ada di Indonesia dan juga memiliki filosofis yang begitu mendalam. Jadi batik yang dibuat ini tidak hanya sekedar dibuat tetapi ada lambang sesuatu yang ada dalam kehidupan ini. Sehingga, harapan dari mereka para pemakainya ini akan terus memiliki sikap sesuatu dengan baju batik yang dipakainya ini.

Tidak hanya itu, batik-batik yang dibuat ini selain ada filosofisnya juga dibuat dengan bahan yang berkualitas. Bahkan beberapa batik yang ada juga sering digunakan oleh para pejabat di kalangan pemerintah pusat dan juga daerah di Indonesia.

Anda tertarik membuat kain batik berkualitas motif kekinian ? Langsung saja hubungi kami Kainbatikbagus dapatkan harga spesial untuk pembelian partai besar. Untuk pemesanan segera  hubungi kami WA 0822 5959 2299

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *