Kain Batik sebagai Seragam

batik seragam

Pengertian Batik

Kain batik adalah salah satu warisan dunia asal Indonesia yang diresmikan oleh UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009. Di Indonesia hari tersebut dijadikan sebagai hari batik nasional. Ketika pemerintah mengumumkan bahwa batik sudah diakui oleh UNESCO, pemerintah mewajibkan hari Jumat untuk mengenakan batik bagi instansi swasta maupun negeri. Kewajiban mengenakan batik menjadikan permintaan kain batik semakin meningkat, maka pertumbuhan produsen kain batik di Indonesia juga meningkat. Bagi Anda yang akan membuat seragam menggunakan kain batik, kami rekomendasikan untuk menghubungi produsen kain batik agar mendapatkan harga terbaik dengan kualitas terbaik pula.

Kain Seragam Batik

Kain seragam batik biasanya merupakan jenis kain batik printing karena harga cenderung lebih murah dan proses pembuatan relative singkat. Apalagi jika digunakan sebagai seragam yang jumlahnya relatif banyak. Kain batik printing merupakan kain batik murah karena dalam proses pembuatannya hanya memakan waktu yang singkat dibandingkan jenis batik lainnya, selain itu dalam pemrosesan batik printing tidak menggunakan malam seperti jenis batik lainnya. Coba bandingkan dengan pembuatan batik tulis yang bisa memakan waktu berhari-hari dalam pembuatan satu kain batik. Jika permintaan pasar untuk pembuatan seragam, maka batik tulis sangat tidak efektif jika dijadikan alternatif pilihan. Proses pembuatan batik printing sama dengan teknik sablon yang dapat dilakukan secara manual maupun menggunakan mesin modern. Batik printing ini proses pewarnaanya hanya pada sisi kain saja, sehingga resiko untuk mudah pudar lebih tinggi. Namun semua itu dapat diatasi dengan meningkatkan kualitas kain atau kualitas pewarnaanya sehingga dapat mengurangi resiko pudarnya warna batik.

Sebagian orang menyebutkan batik printing bukan merupakan salah satu dari jenis batik karena dalam proses pembuatanya tidak menggunakan malam sebagai perintang warna. Mereka menganggap bahwa batik printing merupakan kain yang bermotif batik. Terlepas dari hal tersebut, kain batik printing dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pembuatan kain seragam batik.

Kelebihan dalam kain batik printing ini adalah proses produksi cepat, dalam sekali cetak hanya memerlukan waktu sekitar 5 menit. Selain itu, corak yang dihasilkan kain batik printing akan lebih jelas.warna yang dihasilkan dari kain batik printing juga konsisten, tidak berubah-ubah karena memanfaatkan teknologi mesin dalam proses pewarnaannya. Biaya produksi lebih hemat sehingga teknik ini banyak dilakukan oleh produsen kain batik untuk memenuhi permintaan pasar guna pembuatan seragam kain batik. Bagi konsumen, kain batik printing dapat memberikan keuntungan karena dengan harga kain batik murah sudah mendapatkan kain batik yang memiliki corak yang jelas dengan warna kain batik yang konsisten serta proses pembuatan yang relatif lebih singkat.

batik seragam

UNTUK PEMESANAN SEGALA MACAM JENIS KAIN BATIK atau SERAGAM BATIK, SILAKAN HUB kainbatikbagus.com hubungi kami melalui sms atau WA di nomor 0822 5959 2299 atau silakan langsung klik link WA kami

Maka bagi Anda yang merencanakan pembuatan seragam kain batik, direkomendasikan menggunakan kain batik printing dan pembuatan langsung pada produsen agar mendapatkan harga terbaik. Yang perlu digaris bawahi, jika Anda membutuhkan batik yang eksklusif dengan memiliki nilai seni tinggi, maka batik tulis yang dapat dijadikan pilihan.

Kelebihan batik tulis adalah warna yang tidak mudah pudar dan corak yang berbeda antara pengrajin satu dengan pengrajin lainnya yang membuat batik menjadi eksklusif. Dengan kita bangga mengenakan batik kita dapat menjadi salah satu cara untuk menjaga dan melindungi warisan dunia ini agar tidak di klaim oleh pihak lain. Jangan sampai hanya karena kita lupa tidak menjaga warisan dunia berupa batik ini, kita kehilangan batik dan batik diklaim untuk tujuan keuntungan semata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *