Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home / Kain Batik / Kelebihan dan Kekurangan Batik Printing

Kelebihan dan Kekurangan Batik Printing

Kain batik printing adalah salah satu jenis batik yang mudah Anda temukan di pasaran, dibandingkan kain batik cap dan juga kain batik tulis. Sama seperti jenis batik lainnya, kain batik printing ini juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan

Seperti yang selintas dijelaskan di atas, kain batik jenis ini, adalah yang paling mudah Anda temukan di pasaran. Jenis kain yang satu ini, dikemas dalam berbagai macam produk. Terutama produk pakaian, baik itu, atasan atau bawahan, seperti kemeja, kaos, celana panjang, dan hal lainnya.

  • Menggunakan mesin khusus

Seperti namanya batik printing, maka teknik membuat batik yang satu ini, adalah dengan cara di print, menggunakan mesin yang khusus. Produsen batik printing, biasanya akan mensetting desain motif tertentu pada komputer yang terhubung dengan mesin printing. Tidak hanya motif, pada saat melakukan setting seperti ini, pihak produsen juga akan memasukkan pula ukuran pola printing yang diinginkan. Setelah proses setting selesai, maka pihak operator akan langsung menjalankan mesin cetak, dan kain batik akan langsung tercetak. Ini yang membuat proses hasil cetak, jadi lebih rapi dan juga jadi lebih cepat.

  • Murah melakukan berbagai macam desain

Kelebihan lain dari batik printing ini, adalah mudah untuk memasukkan dan membuat berbagai macam pola. Seperti yang telah selintas dijelaskan di atas, pihak produsen akan memasukan berbagai macam informasi motif batik yang ingin dicetak, untuk kemudian diproses pada kain. Ini juga yang kemudian membuka peluang, untuk mencetak berbagai motif baru, yang sesuai kebutuhan pasar. Kain seragam batik misalnya, jenis kain seperti ini, biasanya mempunyai motif yang berbeda, dengan motif batik pada umumnya.

Untuk memperoleh motif kain batik yang diinginkan, Anda dapat menghubungi pihak produsen kain batik tersebut secara langsung. Bahkan saat ini, pihak produsen tidak hanya menyediakan jasa printing kain batik, namun juga termasuk membuat pakaian batik yang diinginkan. Tentunya, ini akan menjadi sebuah keuntungan tersendiri, untuk Anda sebagai konsumen.

  • Harga lebih murah

Satu lagi kelebihan lain, yang dimiliki oleh batik printing, yaitu harganya yang sangat terjangkau, atau bisa dikatakan kain batik murah. Berbeda dengan baik tulis dan batik cap, yang membutuhkan proses yang sedikit panjang. Proses pembuatan batik printing ini memakan proses yang cukup singkat, dengan tidak memerlukan banyak tenaga. Ini yang membuat harga kain batik ini jadi lebih murah, dibandingkan teknik lainnya.

Sedangkan untuk batik printing dengan harga mahal, biasanya disesuaikan dengan jenis kain yang digunakan. Yang memang mempunyai harga mahal, misalnya saja kain sutra, atau jenis kain lainnya.

Kekurangan

Selain kelebihan, ada juga kekurangan dari kain batik printing. Berikut ini, adalah beberapa kekurangan yang dimiliki oleh batik printing tersebut, antara lain :

  • Dibanding dengan batik tulis kesannya kurang eksklusif, mengingat batik tulis adalah batik yang dibuat dengan cara ditulis menggunakan canting, dan memakan proses yang cukup panjang. Hasilnya kualitas dari batik tulis tersebut, terlihat lebih indah, dibandingkan teknik batik lainnya.
  • Jarang digunakan sebagai koleksi, dan tidak seperti batik tulis, yang biasanya diberikan secara turun temurun. Batik printing ini, biasanya digunakan hanya untuk keperluan tertentu, misalnya untuk kebutuhan pembuatan seragam, atau bahkan digunakan untuk pakaian sehari-hari.

Walaupun demikian, batik printing ini, tetap digemari dan tinggi peminat. Siapa pun orangnya, tentu saja ingin menggunakan  pakaian batik yang nyaman, dan batik printing, mampu menjawab kebutuhan pasar dengan baik.

kainbatikbagus.com adalah  pabrik kain batik seragam printing solo murah dan terbaik untuk informasi dan pemesanan silakan SMS atau WA kami di nomor 0822 5959 2299

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *