Home / Kain Batik / Perbandingan Kain Batik Printing dengan Kain Batik Tulis

Perbandingan Kain Batik Printing dengan Kain Batik Tulis

Rate this post

Kainbatikbagus.com adalah produsen kain batik yang telah dipercaya oleh perusahaan atau instansi, sekolah, universitas, organisasi, parpol dll, sebagai vendor  untuk memproduksi  kain batik , seragam batik , sarung batik, sauvenir batik dan segala macam kebutuhan batik lainnya. Kainbatikbagus.com membantu anda untuk lebih hemat dalam segi budget (karena harga kami murah) lebih mudah karena kami melayani pemesanan via online, dimanapun anda berada tidak perlu repot untuk datang hanya karena sekedar untuk memesan batik, dan lebih cepat karena kami didukung oleh sdm yang berpengalaman bertahun- tahun menangani produksi batik, serta yang sangat penting yaitu produk kita berkualitas karena menggunakan bahan- bahan pilihan berkualitas tinggi,baik dari segi bahan pewarnaan ataupun dari segi bahan kainnya. Jangan ragu untuk menghubungi kami, untuk info ataupun pemesanan silakan SMS atau WA kami di nomor  0822 5959 2299

Pada jaman dahulu masyarakat hanya mengenal kain batik tulis saja. Hanya pada saat ini saja, saat teknologi berkembang begitu pesat masyarakat mulai mengenal kain batik printing. Berikut ini kelemahan dan kelebihan batik printing terhadap batik tulis.

kain batik tulis

Batik tulis

Kain batik tulis adalah jenis yang paling tua dan konvensional serta dinilai mempunyai nilai seni yang tinggi. Memang boleh dibilang pada jaman dahulu kain saja merupakan barang yang mahal, apalagi jika sudah diberi motif batik. Tidak salah jika kain motif batik umumnya digunakan hanya oleh para bangsawan ataupun keluarga raja, dan orang orang kaya di masa lampau. Saat ini ternyata kain batik tulis masih mempunyai nilai yang sangat tinggi. Penggunanya pun dapat dianggap sebagai orang yang lebih terpandang karena motif yang digunakan tidak identik dengan kesan pasaran. Pengguna dari kain motif batik tulis juga dinilai lebih tinggi status sosialnya karena mampu membeli sebuah baju dengan harga yang mahal. Apalagi jika dipadukan dengan kain sutera, maka itu akan semakin menunjukkan betapa tebal dompet penggunanya.

Tidak dipungkiri bahwa kain jenis juga mempunyai beberapa kelemahan. Kelemahannya adalah proses pembuatan yang cukup lama. Proses pembuatannya bisa memakan waktu berhari hari, bahkan minggu hingga bulan. Tergantung seberapa sulit motif yang diminta oleh pelanggan. Harga yang harus dibayar juga setimpal dengan kerumitan proses produksinya. Boleh dikata bahwa menemukan kain batik murah jenis tulis adalah mustahil. Minimal harga batik tulis yang baik bisa berharga jutaan Rupiah, dan tentunya hanya masyarakat ekonomi kelas atas saja yang rela membelinya. Semua itu pada akhirnya juga setimpal dengan proses perawatannya yang membutuhkan ketelatenan serta kehati hatian. Jika tidak mampu merawat dengan baik, maka dapat dipastikan kain mahal itu hanya akan menjadi kain gombal.

Batik Printing

Dengan Go Internationalnya kain batik serta didukung dengan adanya teknologi yang mampu menciptakan batik printing, maka tidak perlu kaget jika saat ini sudah banyak tumbuh para produsen kain batik. Dengan begini maka roda perekonomian negara ini pun menjadi semakin aktif, dan kini batik bukan hanya dinikmati oleh para kaum parlente saja. Harga kain batik printing juga cenderung lebih murah dari pada kain batik tulis. Proses pembuatannya pun begitu cepat karena dapat diproduksi secara masal dengan mesin. Motif apapun dapat dengan mudah dibuat dengan mesin yang mempunyai sistem kerja kurang lebih sama dengan mesin sablon. Namun menurut beberapa produsen pencampuran bahan minyak dan lilin dalam proses produksi batik printing tetap diperlukan. Sehingga masyarakat pun tetap menggolongkan batik printing sebagai kain batik dan bukan sebagai kain sablon pada umumnya.

Memang jenis batik printing lebih cocok digunakan untuk memenuhi pesanan kain seragam batik karena prosesnya yang sangat cepat. Namun penggunanya hanya akan mendapatkan kesan yang biasa saja di kalangan masyarakat khususnya para masyarakat pecinta kain batik. Selain itu tidak dipungkiri bahwa suatu saat anda sebagai pengguna kain batik printing akan menemukan pengguna lain yang menggunakan motif bahkan warna yang sama persis dengan anda akibat produksinya yang dilakukan secara masal. Namun tidak bisa dibilang bahwa kain batik printing adalah kain batik murahan, karena kain batik printing dengan kualitas yang baik juga dibanderol dengan harga yang setimpal dengan kualitas bahan dan produksinya. Apapun pilihan batiknya ingatlah selalu bahwa batik adalah salah satu ciri khas budaya Indonesia yang layak untuk dilestarikan.

Untuk informasi dan pemesanan kain batik atau batik seragam ,silakan anda menghubungi kami melalui sms atau WA di nomor 0822 5959 2299

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.