Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home / Produksi Batik / Produksi Kain Batik Motif Megamendung Daerah Cirebon

Produksi Kain Batik Motif Megamendung Daerah Cirebon

Produksi Kain Batik Motif Megamendung Daerah Cirebon di pabrik Kainbatikbagus. Motif batik megamendung merupakan salah satu ciri khas batik cirebon. Motif megamendung yang merupakan akulturasi dengan budaya Cina tersebut dikembangkan seniman batik cirebon sesuai cita rasa masyarakat Cirebon yang beragama Islam. Batik motif ini dapat dijumpai di daerah-daerah pesisir penghasil batik lain di utara Jawa, seperti Indramayu, Pekalongan, maupun Lasem.

Batik Megamendung Motif Khas Cirebon

Kekhasan megamendung atau awan-awanan tidak saja terletak pada motifnya yang berupa gambar menyerupai awan dengan warna-warna tegas, seperti biru dan merah. Motif berbentuk seperti awan bergumpal-gumpal tersebut biasanya membentuk bingkai pada gambar utama.

Sejarah batik di Cirebon terkait erat dengan proses asimilasi budaya serta tradisi ritual religius. Prosesnya berlangsung sejak Sunan Gunung Jati menyebarkan Islam di Cirebon sekitar abad ke-16. Sejarah batik Cirebon dimulai ketika Pelabuhan Muara Jati (Cirebon) menjadi tempat persinggahan pedagang Tiongkok, Arab, Persia, dan India. Saat itu terjadi asimilasi dan akulturasi beragam budaya yang menghasilkan banyak tradisi baru bagi masyarakat Cirebon.

Motif yang terkenal di Cirebon ada dua, yaitu singa wadas dan mega mendung. Motif singa wadas merupakan corak resmi kesultanan Cirebon (keraton Kasepuhan) di mana corak tersebut memperlihatkan bentuk singa barong dari kesultanan kasepuhan. Biasanya corak ini berwarna hitam, cokelat, dan krem. Sedangkan motif mega mendung merupakan motif berbentuk awan yang bergumpal-gumpal. Motif mega mendung ini mendapat pengaruh dari keraton-keraton yang ada di Cirebon. Motif mega mendung ini kaya akan warna merah, biru, keemasan, dan violet.

Motif megamendung gaya Cirebon memiliki kekhasan, sehingga tidak sama persis dengan megamendung Cina. Pada megamendung dari Cina, garis-garis awan berbentuk bulatan atau lingkaran, sedangkan megamandung cirebon cenderung lonjong, lancip, dan berbentuk segitiga.

produksi kain batik

Produksi Batik dengan Motif  khas Cirebon

Bahkan untuk motif mega mendung sangat terkenal dan sudah digunakan dalam rancangan desainer-desainer terkenal di Indonesia. Harganya pun bisa menjadi sangat mahal karena sudah didesain oleh perancang terkenal. Sebenarnya ini bisa menaikkan pamor dari batik itu sendiri jadi bila ada yang menginginkan batik yang eksklusif, akan dibuatkan secara khusus. Citra batik akan semakin terangkat jika desainnya lebih khusus, misalnya untuk orang-orang penting.

kami  kainbatikbagus.com salah satu  produsen kain batik printing murah di solo solusi tepat untuk produksi seragam batik kantor ataupun batik untuk keperluan lainnya, untuk pemesanan hubungi kami sekarang juga, anda bisa menghubungi kami via sms / WA di nomor 0822 5959 2299

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *