Home / Kain Batik / Tips Membeli Kain Batik Murah Berkualitas

Tips Membeli Kain Batik Murah Berkualitas

Rate this post

Ingin membeli kain batik murah dan berkualitas, tidak sulit, asalkan Anda mengetahui caranya. Ulasan berikut ini, sedikit banyak akan memberikan informasi tentang bagaimana cara membeli kain batik murah dan berkualitas, yaitu :

  1. Memilih batik berdasarkan teknik membatik

Ketika Anda ingin membeli sebuah kain batik dengan harga yang murah. Maka Anda sebaiknya memilih kain batik printing. Diantara teknik membatik yang ada saat ini, seperti batik tulis, batik cap dan batik printing. Maka yang paling murah diantara ketiga teknik tersebut, adalah teknik printing. Seperti namanya teknik printing. Maka berbagai motif batik yang ada, kemudian  disetting dalam komputer, dan mesin akan langsung mencetaknya dalam skala besar.

Sedangkan batik cap, adalah kain yang akan dibatik menggunakan cap khusus. Untuk batik tulis, adalah kain batik yang akan diberi motif dengan cara ditulis atau digambar.

  1. Memilih jenis bahan yang tepat

Berikutnya perhatikan dengan baik, jenis bahan batik yang akan Anda beli. Saat ini ada cukup banyak bahan kain yang dapat digunakan untuk membatik, seperti bahan katun, bahan rayon, bahan sifon, bahan sutra dan jenis bahan lainnya. Masing-masing bahan mempunyai tekstur serat yang berbeda-beda. Ada yang dingin ketika digunakan, ada yang terasa kaku. Namun ada juga yang terasa lembut ketika digunakan.

Saat ini ada cukup banyak jenis bahan, yang dapat Anda gunakan untuk mencetak motif batik yang diinginkan, terutama ketika Anda menggunakan teknik printing. Adapun salah satu jenis bahan batik yang paling banyak digunakan, adalah bahan katun.  Bahan katun ini juga pas untuk dibuat sebagai kain seragam batik. Selain bahannya nyaman ketika digunakan, juga terasa dingin, dan mudah menyerap keringat.

  1. Pastikan warna hasil cetak tidak luntur

Anda juga sebaiknya meraba kain batik tersebut, pastikan ketika Anda menyentuhnya, kain batik tidak luntur. Artinya, kain tersebut, mempunyai kualitas yang bagus, dan juga awet. Seperti diketahui bersama, kain batik yang baru saja dibeli, biasanya sering luntur ketika dicuci pertama kali. Sedikit banyak hal ini, akan mengurangi tingkat kecerahan warna kain batik itu sendiri, yang membuat warna batik akan tampak pudar.

  1. Perhatikan bagian belakang bahan

Selain memperhatikan tentang luntur atau tidaknya warna kain batik yang hendak Anda beli, dengan cara disentuh, Anda juga sebaiknya memeriksa bagian belakang dari kain batik itu sendiri. Sebuah kain batik yang berkualitas seperti dari produsen kain batik yang juga berkualitas, biasanya tampak depan dan tampak belakang tidak terlalu jauh berbeda. Namun demikian ada juga yang tampak depan dan tampak belakangnya, tidak terlalu sama, atau terlihat samar. Kondisi seperti ini, biasanya terjadi pada jenis kain yang ukurannya cukup tebal.

kain batik murah

  1. Rasakan di kulit

Ketika Anda menyentuh kain batik, Anda juga perlu merasakannya di kulit. Apakah kain terasa sejuk dan dingin ketika digunakan atau tidak. Ada beberapa bahan yang terasa kaku ketika digunakan, hal ini karena faktor lilin yang masih berada di kain. Namun, hal ini akan perlahan-lahan pudar, ketika Anda sering mencucinya.

Katun, adalah salah satu jenis bahan kain batik, yang paling sering digunakan. Sifat dari tekstur kain ini, dingin ketika digunakan, mudah menyerap panas, dan mudah untuk menyerap berbagai macam warna. Walaupun ada awal pemakaian bahan ini terasa kaku, namun seiring dengan seringnya proses pencucian, maka kain jadi terasa lembut, namun kualitas warna kain tidak akan terpengaruh.

kainbatikbagus.com adalah  produsen kain batik seragam printing solo murah

untuk pemesanan silakan SMS atau WA kami di nomor 0822 5959 2299

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.