4 Motif dan Makna Batik Solo Jogja yang Menarik untuk Diketahui!

Makna batik Solo Jogja

Makna batik Solo Jogja – Saat mendengar kata batik ingatan langsung tertuju pada kota Solo dan Jogja. Bukan tanpa alasan dikarenakan kedua kota tersebut menjadi produsen batik terbesar dan terbaik. Saat berkunjung di kedua kota tersebut akan banyak kerajinan tangan maupun toko yang menjual batik. Meski kedua kota tersebut menjadi penghasil batik terbesar di Indonesia, namun motif yang di bekalkan berbeda sehingga Solo dan Jogja ini memiliki motif khasnya masing-masing.

Makna batik Solo Jogja

Karena termasuk kebudayaan asli yang dimiliki bangsa Indonesia sudah sepatutnya kita sebagai  Warga Negara Indonesia untuk melestarikan kebudayaan tersebut. Bagi Anda yang ingin mengenal batik Solo Jogja lebih jauh, simak beberapa motif dan makna batik Solo Jogja yang harus Anda ketahui:

Kawung

Motif dan makna batik Solo Jogja pertama yang harus Anda ketahui adalah kawung. Motif kawung ini adalah memiliki ciri khas yang pola bulat dan mirip dengan buah kawung yang mana ditata rapi dengan geometris. Motif kawung ini akan digambarkan sebagai bunga lotus berupa empat lembar mahkota dari bunga yang merekah. Makna yang terkandung di dalamnya adalah doa dan juga harapan. Motif ini banyak dipakai dalam acara syukuran maupun hari bahagia.

Liris

Motif yang harus diketahui selanjutnya adalah Liris. Motif ini asalnya dari Solo dan banyak digemari masyarakat. Ciri khasnya adalah garis miring dan juga sejajar sehingga motif liris ini disebut sebagai lereng gunung. Makna dari motif ini adalah simbol dari ketabahan dan juga kekuatan di dalam menjalani hidup. Tidak hanya itu saja banyak masyarakat yang menganggap jika motif ini bermakna sebagai hujan gerimis yang mana memberikan kesuburan, kesejahteraan, dan juga rahmat dari Tuhan Yang Maha Esa.  Pemakaian motif ini sering digunakan dalam pernikahan dan juga hari batik lainnya.

Sekar Jagad

Motif ini berasal dari kota Solo dan Yogyakarta. Banyak yang meyakini bahwa motif ini berasal dari kata “Kar Jagad”. Sesuai dengan kata pendukungnya Kar ini artinya adalah peta dan Jagad adalah dunia sehingga motif ini dilambangkan sebagai keragaman yang ada di seluruh dunia.  Ciri khas dati motif ini adalah cuilan pola yang dijadikan di dalam satu kain dimana maknanya kecantikan dan juga keragaman dunia supaya orang terpesona dengan yang memakainya.

Garuda

Batik juga ada yang memiliki motif garuda yang mana asalnya dari kata Gurda dan asalnya dari kota Solo. Motif ini melambangkan kedudukan yang sangat penting dan kekuasaan kejantanan. Banyak yang menggunakan batik ini untuk acara kedaerahan seperti hari jadi kota Solo maupun Yogyakarta.

Mulai saat ini lestarikanlah batik supaya tidak lekang oleh zaman. Anda bisa menggunakan seragam atau  busana batik untuk bisa melestarikannya. Jika Anda membutuhkan busana atau kain batik bisa menggunakan jasa dari kami. Kami dari Kain Batik Bagus menawarkan pembuatan seragam batik yang langsung jadi maupun kainnya saja. Sistemnya adalah made by order sehingga jika ada pesanan masuk baru dibuat, selain itu Anda bisa menjadikan beberapa makna batik Solo Jogja yang disebutkan di atas sebagai inspirasi untuk pembuatan motif batik Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *