Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home / Kain Batik / Ini Dia 4 Motif Batik dan Penggunaannya yang Harus Anda Tahu!

Ini Dia 4 Motif Batik dan Penggunaannya yang Harus Anda Tahu!

Motif batik dan penggunaannya – Bagi anak muda masih sedikit yang memahami apa saja motif batik tersebut dan juga jarang ada yang mengetahui maksud spiritual yang terkandung dalam motif ornamen batik. Selama ini anak muda hanya mengikuti tren dan melihat secara visual saja, padahal harus mengerti motifnya terlebih dahulu baru memakainya. Pengetahuan motif itu penting tujuannya agar tidak memakai batik di waktu dan tempat yang salah. Agar tidak salah dalam pemakaian simak beberapa motif batik dan penggunaannya berikut ini:

Motif batik dan penggunaannya

Sido Wirasat

Motif Batik yang pertama adalah Sido Wirasat. Wirasat artinya adalah perlambang yang mana dikaitkan suatu permohonan yang mana dikembangkan dari motif Sida Mulya. Batik ini memiliki nilai spiritual tinggi dan makna yang ada di dalamnya adalah sarat akan nasihat orang tua dan sering digunakan saat acara pernikahan. Makna yang terkandung dalam motif ini adalah bisa dikabulkan segala keinginan, mampu mencapai kedudukan tinggi, mandiri, dan juga mampu terpenuhi segala materi. Yang menggunakan motif ini adalah orang tua pihak pengantin putri.

Sido Mulya

Motif batik dan penggunaannya yang harus diketahui selanjutnya adalah Sida Mulya. Makna yang tersirat di dalam motif batik tersebut adalah keinginan agar hidupnya di kemudian hari kehidupannya menjadi mulia, hidup bahagia, sejahtera, dan diberikan kelimpahan rezeki.  Penggunaan motif ini sering digunakan dalam acara nikahan yang mana digunakan oleh pengantin pria.

Batik Grompol

Batik ini terkenal di Jogja yang mana mempertahankan metode canting yang dikenal sebagai batik tulis. Nilai filosofis pada batik tulis memang terjaga keindahannya yang mana banyak dilakukan oleh orang zaman dulu dimana pertama kali batik ini dilahirkan. Ragam batik ini memiliki ciri khas berupa geometris dengan ukuran yang besar. Pola Batik Jogja ini memang dikenal dengan ukurannya yang besar sedangkan Solo ini memiliki geometris berukuran kecil. Grompol menyerupai rantai yang terikat dimana ukuran dan juga bentuknya sama. Makna yang terkandung di dalamnya adalah bersatu yang bersifat kebaikan. Motif ini banyak digunakan dalam acara pemikahan tujuannya agar pasangan yang mengenakan batik tersebut memiliki masa depan yang cerah, mendapatkan rahmat, banyak rezeki, anak tenteram rukun, dan lain sebagainya.

Batik Parang

Motif batik yang banyak dikenal selanjutnya adalah batik parang. Batik parang ini tidak boleh digunakan saat acara pernikahan namun dikenakan pada acara kepemimpinan. Konon katanya batik dengan motif ini dulunya hanya bisa digunakan oleh raja dan juga keluarganya.

Masih banyak lagi motif batik yang ada di Indonesia di mana semua motif pada batik memiliki nilai kebaikan dan mengandung unsur spiritual. Jangan sampai motif tersebut dilupakan oleh generasi muda saat ini. Jaga batik tetap lestari dimana untuk melestarikannya bisa menggunakan batik dalam setiap kesempatan. Jika Anda membutuhkan busana batik, Anda bisa menggunakan jasa kami Kain Batik Bagus yang menjual kain batik dan berbagai macam seragam batik langsung jadi. Anda juga bisa menentukan motif seperti apa yang Anda inginkan yang mana disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Anda bisa menjadikan beberapa motif batik dan penggunaannya yang telah disebutkan di atas sebagai bahan referensi supaya tidak salah dalam memilih motif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *