Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home / Tips / 4 Tips Mengajarkan Anak Mencintai Batik Indonesia

4 Tips Mengajarkan Anak Mencintai Batik Indonesia

Mengajarkan anak mencintai batik – Anak adalah generasi penerus keluarga tidak hanya itu saja anak ini juga di gadang-gadang sebagai generasi penerus bangsa. Oleh sebab itulah membesarkan anak ini tidak boleh seadanya namun harus tetap maksimal dengan cara yang baik dan benar. Salah satu hal yang harus diajarkan orang tua agar anak menjadi generasi penerus yang unggul adalah ajarkan anak untuk mencintai kebudayaan Indonesia. Kebudayaan ini tidak hanya sebatas pada tradisi, nyanyian, dan juga tarian saja namun kebudayaan tersebut juga ada di batik.

Batik ini ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan khusus untuk Budaya Lisan dan Non bendawi. Hal itu ditetapkan sejak tahun 2009 silam. Karena hal tersebut alangkah baiknya mulai dari saat ini Anda mengenalkan anak Anda tentang budaya batik tersebut. Tidak hanya mengenalkan namun diharapkan ke depannya anak Anda akan mencintai batik. Simak beberapa cara mengajarkan anak mencintai batik berikut ini:

Mengajarkan anak mencintai batik

Berasal dari Orang Tua

Cara mengajarkan anak mencintai batik yang pertama adalah orang tua. Orang tua adalah contoh bagi anak-anaknya. Jika orang tua mengajarkan anak mencintai dan menggunakan batik maka anak akan menirunya, begitu pula sebaliknya. Oleh sebab itu Anda sebagai orang tua bisa memperlihatkan kebiasaan menggunakan batik tersebut. Bagaimana anak bisa mencintai batik jika Anda sendiri tidak menyukai batik tersebut.

Menceritakan Tentang Batik

Untuk menanamkan kecintaan terhadap batik Anda bisa menceritakan tentang batik ke anak. Anak-anak sangat menyukai cerita yang menarik sehingga penyampaian cerita tersebut harus menarik dan bisa dimengerti oleh daya tangkap anak. Menjelang tidur malam adalah waktu yang tepat untuk menceritakan tentang batik ke anak.

Mengenakan Busana Batik Sejak Dini

Mengajarkan anak mencintai batik selanjutnya yang bisa dilakukan orang tua adalah berusaha untuk mengenakan busana batik anak tersebut sejak dini. Minimal usia PAUD anak harus di kenalkan dan diberikan busana batik. Bahkan Anda bisa memilih playgroup yang memberikan seragam batik kepada murid-muridnya dengan begitu anak akan terbiasa menggunakan batik sejak kecil.

Mengajak Anak Melihat Proses Pembuatan Batik

Ingatan anak sangat tajam, sehingga apa yang dia lihat dan didengarkan akan selalu terngiang di otak dan juga di memorinya. Agar anak cinta dan bangga dengan batik Anda bisa mengajaknya melihat proses pembuatan batik tersebut. Dengan melihat prosesnya yang menarik anak akan menjadi lebih tertarik dengan batik.

Membuat anak mencintai batik tersebut memang tidak mudah namun hasil tidak akan menghianati proses. Oleh sebab itu jangan menyerah jika apa yang Anda lakukan belum berhasil. Untuk membantu Anda mengenalkan budaya batik kepada anak Anda bisa menggunakan jasa kami. Kami dari Kain Batik Bagus menjadi produsen berbagai macam seragam maupun busana batik khusus berbagai usia. Sistem yang kami berlakukan adalah made by order sehingga barang yang sampai ke tangan Anda adalah barang baru bukan stock lama. Dengan menggunakan produk batik dari Kain Batik Bagus Anda akan mampu mengajarkan anak mencintai batik dengan mudah karena produk kami menarik dan berkualitas sehingga anak-anak akan menyukainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *