4 Kesalahan Saat Memesan Batik yang Harus Dihindari

Kesalahan saat memesan batik – Batik adalah warisan budaya Indonesia sehingga sudah sewajarnya sebagai Warga Negara Indonesia kita ikut melestarikannya. Untuk melestarikan batik ini bisa dengan selalu menggunakannya sehingga pengrajin batik di Indonesia selalu semangat dalam membuat batik. Jika sedikit yang menggunakan batik maka pengrajin akan lesu karena pemasukannya selalu menurun. Oleh sebab itulah mulai dari saat ini biasakanlah untuk menggunakan batik ini. Batik itu tidak kuno karena saat ini motif dan ornamennya beragam ada ornamen modern namun ada juga ornamen yang mempertahankan orisinalitas dan juga unsur spiritual di dalamnya. Sebelum membeli batik, simak beberapa daftar kesalahan saat memesan batik yang harus Anda hindari:

Produsen Batik yang Tidak Terpercaya

Kesalahan saat memesan batik

Saat ini memang banyak produsen yang menawarkan jasa pembuatan busana ataupun seragam batik. Namun Anda harus menghindari kesalahan berupa memesan atau membeli produsen batik yang tidak terpercaya. Kesalahan ini menjadi hal fatal yang tidak boleh Anda lakukan. Alasannya adalah akan terjadi hal-hal yang tidak menyenangkan jika Anda membelinya di produsen yang tidak terpercaya. Selain rentan menimbulkan penipuan produsen batik yang tidak terpercaya tersebut akan menciptakan produk batik yang kurang berkualitas.

Tidak Memahami Unsur Spiritual Batik

Kesalahan dalam memesan batik selanjutnya adalah tidak memahami unsur dari spiritual batik. Salah satu unsur spiritual batik yang harus dipahami adalah Gurdo atau batik yang menggunakan motif garuda. Generasi muda masih banyak yang belum memahami tentang motif Gurdo tersebut dan sering terbalik saat memakai kain batik dengan motif tersebut. Banyak yang masih menggunakan motif Gurdo yang menghadap ke arah bawah padahal seharusnya menghadap atas. Motif tersebut memiliki makna dan diharapkan bisa memberikan pengaruh yang baik untuk pemakainya karena Gurdo itu adalah kendaraan Airlangga untuk menuju ke langit.

Salah Memilih Jenis Batik

Kesalahan saat memesan batik selanjutnya adalah Anda salah memilih jenis batik. Pastikan sebelum Anda memutuskan untuk membeli batik tertentu Anda mengetahui jenis-jenis batik terlebih dahulu. Ada tiga jenis batik yang bisa dipilih yaitu batik tulis, batik cap, dan juga batik printing. Anda harus memahami perbedaan ketiganya dengan baik supaya tidak menjadi salah pilih.

Mengikuti Tren

Kesalahan terakhir adalah hanya sebatas mengikuti tren. Memang semenjak batik dijadikan sebagai warisan dunia banyak berlomba-lomba menggunakan batik. Agar tidak hanya mengikuti tren sebaiknya Anda tidak menghilangkan unsur spiritual dari ornamen batik asli.

Jika Anda belum menggunakan batik, mulailah dari sekarang karena lebih baik terlambat dibandingkan tidak sama sekali. Pastikan Anda mendapatkan yang asli dan berkualitas. Untuk mendapatkan batik berkualitas Anda bisa menggunakan jasa kami. Kami dari Kain Batik Bagus menawarkan kain batik dan juga seragam yang langsung jadi. Sistem yang kami berlakukan adalah Made by Order sehingga setelah pesanan masuk kami baru membuatkan pesanan Anda. Dengan menggunakan jasa dari kami, beberapa kesalahan saat memesan batik di atas tidak akan Anda alami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *