Ciri Seragam Batik Berkualitas Dan Cara Menyimpan Agar Awet

seragam batik

Batik merupakan sebutan untuk lukisan yang dikerjakan di atas kain menggunakan canting dan lilin malam. Tidak hanya lukisan di atas kain biasa namun motif-motif pada batik sangat beraneka ragam dan memiliki filosofi atau arti tersendiri. Indonesia adalah negeri yang memiliki batik dan banyak produsen seragam batik. Untuk itu batik menjadi warisan budaya Indonesia yang terkenal sampai mancanegara. Di Zaman teknologi dan informasi seperti saat ini batik juga banyak dikreasi menjadi lebih modern untuk seragam batik kantor, sekolah, guru, pakaian sehari-hari, pakaian pesta, dan lain-lain.

Ciri-ciri seragam batik berkualitas

Batik memiliki banyak sekali jenis dan macam dengan harga yang bervariasi mulai dari puluhan ribu rupiah sampai dengan puluhan juta bahkan ratusan juta rupiah. Itu tergantung pada tingkat kesulitan dalam pembuatan batik. Contohnya untuk seragam batik dapat dibuat dengan pilihan kain dan motif yang disukai. Jangan sampai Anda tertipu oleh produsen kain batik atau orang yang tidak dikenal menawarkan harga batik yang mahal tapi Anda kurang mengerti tentang kualitas batik.

Berikut adalah ciri-ciri batik atau seragam batik yang berkualitas sebagai pengetahuan Anda antara lain:

  1. Kain full organik

Maksud dari full organik adalah saat digunakan kain akan menyerap keringat dengan baik, adem, sehingga sangat cocok digunakan untuk keadaan iklim dan cuaca di Indonesia. Karena tentu saja memang batik berasal dari Indonesia. Sedangkan kain impor kebanyakan adalah kain non organik atau polyester. Kain polyester memang menarik tetapi memiliki tingkat kenyamanan yang rendah.

  1. Warna tidak luntur

Ini yang paling dapat dibedakan dari batik yang berkualitas dengan yang tidak. Batik yang berkualitas memiliki warna yang kuat dan bagus sehingga kain batik tidak mudah luntur, dapat digunakan berkali-kali yang membuat selalu terlihat baru.

  1. Jahitan bagus dan rapi

Tidak hanya batik, semua kain yang bagus pastilah dijahit dengan teliti dan rapi. Namun ada yang khas untuk batik yaitu jahitan sanggit. Teknik sanggit merupakan teknik yang digunakan dalam membuat pola dari kain batik. Dengan sanggit membuat batik seperti tidak dipotong dan motifnya terlihat untuh meskipun telah dijahit. Untuk itu menjahit batik tidak bisa dilakukan oleh penjahit sembarangan. Selain pola tersebut, penjahit juga harus tau bagian luar dan dalam batik.

  1. Harga wajar

Harga menjadi sangat penting dan menjadi pertimbangan saat membeli batik. Anda harus teliti dalam membeli batik. Harga yang terlalu  murah bisa jadi batik tersebut tipis dan kualitasnya pun juga sangat murahan. Namun sebaliknya saat menemukan batik dengan harga yang mahal jangan terlalu cepat menganggap batik tersebut sangatlah berkualitas. Oleh karena itu pengetahuan dan pengalaman sangat dibutuhkan dalam memilih batik.

seragam batik

Cara menyimpan seragam batik agar awet

Cara menyimpan batik tidaklah boleh dilakukan sembarangan. Apalagi jika batik Anda lipat dan disimpan dalam waktu yang lama, hal tersebut tidaklah benar. Jika biasanya Anda menyimpan pakaian dalam lemari dan memberinya pengharum lemari, hal tersebut tidak boleh dilakukan untuk kain batik karena akan membuat warnanya menjadi cepat pudar.

Berikut adalah tips cara menyimpan seragam batik agar tidak mudah kusam, luntur, dan menjadi lebih awet antara lain:

  1. Jangan dilipat
  2. Tidak menggunakan pengharum pakaian atau lemari
  3. Tidak memberikan parfum pada kain batik
  4. Perawatan secara berkala dengan memerhatikan tempat dan suhu penyimpanan batik.

kainbatikbagus.com adalah  produsen kain batik seragam murah solo solusi tepat untuk produksi seragam batik kantor  atau seragam instansi anda, dengan desain original dan ekslusif hanya untuk instansi anda  , untuk pemesanan anda bisa SMS atau WA kami di nomor 0822 5959 2299

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *