Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home / Batik Printing / Kelebihan dan Kekurangan Kain Batik Printing Dibandingkan Kain Batik Lainnya

Kelebihan dan Kekurangan Kain Batik Printing Dibandingkan Kain Batik Lainnya

Kain batik printing atau sablon memiliki kelebihan dan kekurangan bila dibandingkan dengan kain batik lainnya seperti batik tulis atau cap. Apa kekurangan dan kelebihan kain ini?

Kelebihan dan Kekurangan Kain Batik Sablon atau Printing

Batik sablon atau printing merupakan batik yang dihasilkan menggunakan teknik sablon manual layaknya pembuatan spanduk dan kaos atau menggunakan mesin printing yang sering digunakan oleh produsen kain batik berskala besar. Kain batik sablon ini memiliki perbedaan yang cukup mencolok bila dibandingkan dengan batik lainnya mulai dari bahan warna yang digunakan hingga kualitas warnanya. Apa saja kelebihan kain batik printing ini?

  • Batik Printing Tidak Menggunakan Malam/Lilin

Proses pembuatan batik printing ini tak menggunakan malam atau lilin layaknya batik tulis. Hal ini membuat motif batik yang dihasilkan terkesan lebih bersih dan rapi seperti yang sering dipakai di kain seragam batik. Batik printing dibuat menggunakan bahan pasta yang telah dicampur dengan pewarna sehingga nilainya berbeda dengan nilai batik tulis yang umumnya mengandung nilai historis.

  • Batik Printing Dibuat Menggunakan Mesin

Produsen kain batik skala besar melakukan proses produksi menggunakan mesin pabrik. Hal ini memungkinkan kain seragam batik memiliki desain yang lebih mendetail dan minim kesalahan. Proses pengerjaan batik printing menggunakan alat sablon atau mesin juga lebih cepat sehingga cocok untuk produksi kain partai besar. Uniknya lagi, motif batik sablon ini bisa dicetak berulang tak seperti batik tulis yang setiap kainnya bisa memiliki motif berbeda dan cukup sulit diduplikasi.

  • Pembentukan Motif dan Warna Lebih Mudah

Membuat baju batik atau kain seragam batik menggunakan batik printing memberikan kemudahan dalam pembentukan motif dan warna. Anda bisa dengan mudah menduplikasi motif yang sudah ada dari satu kain ke kain lainnya. Proses pembuatan batik seperti ini sangat cocok untuk membuat kain dengan motif sama dalam jumlah banyak.

Kekurangan Kain Batik Sablon atau Printing

kain batik sablon

Meski memiliki beberapa kelebihan, kain batik printing juga memiliki kekurangan. Kekurangan dari kain ini adalah kesan motif batik yang kurang eksklusif. Karena proses pembuatannya yang cepat dan bisa menduplikasi motif batik dengan mudah, membuat batik printing terkesan sebagai kain batik murah, minim nilai seni, historis maupun budaya.

Lain halnya dengan batik tulis yang dibuat menggunakan tangan dan membutuhkan waktu lama. Batik printing terkesan seperti “batik sejuta umat” sehingga jarang dikoleksi. Selain itu, motif batiknya juga lebih pasaran daripada batik cap atau batik tulis karena sebagian besar hanya menduplikasi motif yang sudah ada.

Kekurangan lainnya dari batik printing adalah warnanya yang lekas pudar. Pada batik printing, hanya satu sisi kain saja yang mengalami pewarnaan. Hal ini membuat warnanya terkesan kurang melekat ke serat kain.

Kalau dilihat dari segi harga, tentu saja harga kain batik hasil printing jauh lebih murah daripada batik tulis sehingga paling banyak dijual di toko-toko kain. Kain ini biasanya dijual dengan cara meteran atau satu paket pakaian. Ada pula kain batik printing yang dijual dengan harga mahal. Kain ini biasanya memiliki tekstur lebih halus sehingga disebut halusan.

Bila Anda ingin membuat baju batik seperti seragam dalam partai besar dalam waktu singkat, maka kain batik sablon atau printing adalah pilihan yang tepat. Pilihlah kain bertekstur halus dan kuat yang lebih tahan lama. Namun, jika ingin membuat baju batik untuk pesta atau sebagai hadiah, pilihlah batik tulis yang memiliki mutu lebih baik dan memiliki nilai historis. Meskipun batik tulis harganya lebih mahal, tapi lebih cocok dijadikan investasi daripada kain batik printing.

kami  kainbatikbagus.com salah satu  produsen kain batik printing murah di solo solusi tepat untuk produksi seragam batik kantor ataupun batik untuk keperluan lainnya, untuk pemesanan hubungi kami sekarang juga, anda bisa menghubungi kami via sms / WA di nomor 0822 5959 2299

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *