Home / Produsen Batik / 3 Daerah Produsen Batik Dengan Berbagai Ciri Khasnya

3 Daerah Produsen Batik Dengan Berbagai Ciri Khasnya

5/5 - (2 votes)

Di Indonesia batik ini terkenal dengan corak dan ciri khasnya yang menunjukkan akan suatu daerah. Setiap daerah di Indonesia ini terkadang dalam membuat batik itu dibuat dengan cara yang berbeda. Berbagai produsen batik tersebar di berbagai daerah tersebut untuk memberikan kesan yang berbeda pada daerah lainnya.

produsen batik

Para produsen ini tentunya tidak asal membuat batik tetapi mereka juga berdasarkan pada kualitasnya. Sehingga dalam proses pemiliha bahan, corak dan warnanya juga sangat ektra hati-hatinya. Tujuannya tentu agar mampu memberikan sesuatu yang bermanfaat pada pembelinya dan merasa bangga mengenakan batik yang dibelinya tersebut. Berikut ini ada beberapa produsen yang memiliki ciri khas tertentu pada batiknya dan layak untuk kamu kenakan.

Batik Cirebon

Batik buatan dari kota Cirebon ini tentu berbeda dengan batik dari kota-kota lainnya dimana ciri khasnya lebih banyak dipengaruhi oleh budaya China. Hal ini dikarenakan dahulu kota tersebut banyak dihuni oleh warga China hingga akhirnya menetap di China. Maka tidak heran jika batik yang dibuatnya tersebut memiliki gambar singa, naga, gajah dan yang lainnya.

Untuk proses pembuatan dari batik yang ada di kota tersebut tentu dibuat dengan kain terbaik. Bahkan batik dari kota ini sering juga disebut sebagai batik kencana ungu karena kulitas kain tenunnya yang terbaik. Di kota ini juga tidak hanya satu produsen batik tetapi juga ada beberapa produsen yang bisa kamu pilih untuk mendapatkan batik dengan kualitas terbaik.

Batik Madura

Salah satu produsen yang mampu menghasilkan batik terbaik ini adalah batik yang berasal dari pulau Madura. Semua batik yang berasal dari kota penghasil garam ini memiliki ciri khas tertentu pada batiknya. Ciri khas tersebut bisa berupa burung, daun, bunga dan juga beberapa ciri khas lainnya. Selain dari ciri khas, batik yang ada disana juga dibuat dengan bahan terbaik agar mampu memberikan kepuasan pada konsumennya.

Batik yang ada di pulau Madura ini memiliki ciri khas yang mungkin tidak dimiliki oleh kota lainnya yaitu batik gentongan. Batik satu ini terbilang unik dan lain daripada yang lain karena proses pembuatannya memakan waktu hingga 1 tahun lamanya. Hal ini dikarenakan proses desainnya yang terbilang sangat rumit dan begitu detail.

Batik Indramayu

Salah satu daerah yang mampu menciptakan batik dengan kualitas terbaik juga ada di kota Idramayu. Batik satu ini oleh kebanyakan orang sering disebut sebagai batik pesisir karena kota ini dekat sekali dengan lautan. Sehingga, berbagai motif yang ada di dalam batik pun juga tidak jauh dari itu ombak laut, tumbuhan dan juga yang lainnya.

Selain itu, batik yang ada di kota ini juga banyak dipengaruhi oleh budaya lain dan juga ada seni kaligrafi arab di dalamnya. Selain dari itu, ada juga batik yang memiliki ciri khas perpaduan antara China dan juga batik dari Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Itulah beberapa produsen batik yang ada di Indonesia yang terkenal dengan berbagai ciri khasnya. Bagi para pecinta batik rasanya tanpa menyebut kota pasti sudah tahu batik tersebut berasal dari kota mana. Tetapi dari keterangan di atas setidaknya kamu bisa mengetahui batik yang dipakai banyak orang disekitar kamu. Para produsen ini tentu membuat seperti ini agar mampu mengenalkan budaya daerah dan juga memiliki seni tersendiri dalam proses pembuatannya ini.

Bila anda berminat membuat batik dengan motif seperti di atas ataupun motif sesuai yang anda inginkan kami siap melayani, untuk info lebih lanjut dan pemesanan hubungi Telp, SMS atau WA 0822 5959 2299

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *