Home / Batik Printing / Peralatan Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Batik Printing

Peralatan Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Batik Printing

Rate this post

Dari namanya saja batik printing ini terlihat lebih keren karena ada yang menggunakan bahasa inggris. Batik satu ini dalam proses pembuatannya tentu hampir sama dengan proses penyablonan biasa. Hanya saja dalam pembuatannya ini kain yang digunakan ini ukurannya sangat panjang. Sehingga, membutuhkan alat-alat yang tertentu untuk membuatnya agar hasil pembuatannya ini bisa maksimal.

batik printing

Berbagai peralatan ini harus disiapkan oleh para pengerajin karena dilakukan secara manual. Tentu proses pembuatan secara manual akan membuat hasilnya lebih baik daripada menggunakan digital. Hal ini tidak lain karena proses pembuatan manual ini lebih kepada konsep handmade. Daripada penasaran, inilah beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk membuat batik dengan model printing ini.

Plangkan

Ala pertama yang harus kamu siapkan untuk membuat batik dengan cara printing ini adalah plangkan. Alat satu ini dibuat dari kain yang dibentangkan secara luas dan juga dibagian sisi-sisinya terdapat bingkai. Untuk bingkai pada peralatan ini dibuat dengan bahan kayu jati atau aluminium. Karena proses pembuatannya banyak maka kayu tersebut tentu harus kuat dan juga memiliki sisi yang lurus agar hasilnya bisa maksimal.

Tidak hanya kayu, tetapi kain yang dibentangkannya pun juga harus dibuat dari bahan terbaik. Umumnya bahan yang digunakan untuk plangkan ini dari kain monil yaitu benang yang dibuat secara sintetis. Dipilihnya kain monil ini tentu tidak terlepas dari bahannya yang tipis, halus dan juga sangat kuat untuk dipakai dalam jangka panjang.

Meja Sablon

Sekilas meja kerja yang digunakan untuk proses pembuatan batik ini hampir sama dengan meja sablon pada umumnya. Hanya saja pada meja kerja batik ini dibuat secara memanjang hingga puluhan meter. Hal ini karena proses pembuatannya sangat banyak dan tentu butuh meja yang sangat panjang agar lebih cepat dalam proses pembuatannya.

Untuk meja yang akan dibuat untuk membuat batik ini tentu terdiri dari beberapa unsur penting di dalamnya. Beberapa unsur tersebut diantaranya adalah tripleks, kayu, spon, plastik dan beberapa bahan lainnya. Meja ini sengaja dibuat secara berlapis karena jika hanya berupa kayu dan plastik saja tentu hasilnya tidak akan maksimal nantinya.

Rakel

Selain meja dan plangkan, alat yang dibutuhkan untuk membuat batik ini tentu juga harus ada rakel. Alat satu ini digunakan untuk meratakan, menjalankan dan menekan zat pewarna yang ada di plangkan tersebut. Dengan adanya penekanan ini tentunya nanti akan akan menembus kain yang ada di bawahnya ini. Zat yang menembus pada kain tersebut nantinya akan terbentuk sesuai pola yang diinginkan oleh pengerajin batik ini.

Rakel ini sendiri terdiri dari dua bagian yaitu permukaan dan juga gagang pada alat ini. permukaan pada rakel ini terbuat dari bahan karet dan juga beberapa bahannya lain yang dibuat secara sintetis. Sedangkan gagangnya itu dibuat dari bahan kayu yang ringan tetapi harus dibuat dari bahan yang kuat.

Itulah beberapa peralatan yang diperlukan untuk membuat batik printing agar hasilnya bisa maksimal. Pada intinya dalam proses pembuatan batik ini tentu semuanya harus menggunakan bahan yang berkualitas. Hal ini dikarenakan peralatan ini semua tentu dibuat untuk jangka panjang.

Sehingga, lebih baik membeli peralatan yang terbaik meski harganya mahal daripada harga murah tetapi kualitasnya di bawah standard. Dipilihnya seperti ini tentu agar konsumen merasa puas dan juga bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat

Tunggu apalagi, segera lakukan pemesanan batik printing di Kainbatikbagus sekarang juga dan dapatkan harga yang menarik. Untuk info dan pemesanan silakan hubungi kami sekarang juga WA 0822 5959 2299

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *