Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home / Tips / 3 Perbedaan Batik Solo dan Jogja yang Paling Mencolok

3 Perbedaan Batik Solo dan Jogja yang Paling Mencolok

Perbedaan batik Solo dan Jogja – Sebagai Warga Negara Indonesia penting untuk melestarikan kebudayaan Indonesia. Tidak hanya tarian dan nyanyian saja, namun batik juga menjadi kebudayaan yang wajib dilestarikan. Untuk melestarikan batik tersebut ada beberapa kota yang dijadikan sebagai central pembuatan batik di Indonesia, dua diantaranya adalah Solo dan Jogja. Jika tidak dilihat secara mendetail sekilas batik Solo dan Jogja tersebut terlihat sama namun aslinya berbeda. Bahkan masih banyak masyarakat yang tidak bisa membedakan mana batik Solo dan mana batik Jogja. Mengetahui perbedaan ini sangat penting terutama bagi Anda yang ingin mendapatkan batik dengan ciri khas kota Solo atau Jogja tersebut. Simak beberapa perbedaan batik Solo dan Jogja yang penting untuk diperhatikan berikut ini:

Latar Belakang

Dikutip dari beberapa sumber dimana ada berbagai macam perbedaan yang signifikan antara motif batik dari Solo dan Jogja tersebut. Perbedaan yang pertama terletak pada latar belakang dari motif batik. Untuk batik khas Yogyakarta umumnya menggunakan background atau latar belakang warna putih, sedangkan khusus batik Solo hampir kebanyakan menggunakan warna cokelat atau gelap. Meski begitu seiring dengan perkembangan batik di Indonesia ada batik Jogja yang warna dasarnya hitam atau gelap, meski begitu warna pada batik Jogja ini lebih berwarna kebiruan sedangkan Solo berwarna hitam sedikit kecokelatan.

Perbedaan batik Solo dan Jogja

Desain dan Motif

Perbedaan batik Solo dan Jogja yang harus Anda ketahui selanjutnya adalah pada bagian desain dan juga motifnya. Kedua kota tersebut memang masih sama-sama mempertahankan desain yang diberlakukan keraton, namun jika diperhatikan lebih dalam ada beberapa hal yang berbeda. Misalnya saja adalah motif parang dimana batik Jogja hanya ada motif parang dengan latar belakang atau background warna putih. Sedangkan motif parang pada kota Solo biasanya didominasi dengan latar belakang warna lebih gelap dengan arah dari kiri atas kanan ke bawah. Sedangkan parang Jogja arahnya dari kanan atas ke kiri bawah.

Garis

Perbedaan selanjutnya adalah tekstur garisnya. Corak garis yang melekat pada batik Jogja ini lebih besar dan tebal, sedangkan Solo ini sebaliknya dimana cenderung lebih kecil dan tipis. Munculnya perbedaan tersebut tidak akan lepas dari sejarah kedua keraton sejak disepakatinya perjanjian Giyanti pada masa Kerajaan Mataram Islam. Sejak saat itu perbedaan motif batik Solo dan Jogja sangat terlihat dengan jelas.

Agar bisa melestarikan batik Anda bisa menggunakan  busana batik pada setiap kesempatan, sehingga anak Anda mengikuti jejak yang dilakukan. Jika Anda membutuhkan busana batik atau seragam batik, kami siap melayani Anda. Kami dari Kain Batik Bagus menjual kain batik dengan berbagai macam bahan, seragam batik maupun busana batik langsung jadi. Sistem yang kami berlakukan adalah made by order sehingga dibuat berdasarkan pesanan. Soal kualitas tidak perlu diragukan lagi, karena bahan yang kami tawarkan berkualitas dan anti luntur.

Semoga beberapa informasi tentang perbedaan batik Solo dan Jogja di atas bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *