Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home / Kain Batik / 3 Ragam Batik Terpopuler di Indonesia yang Wajib Diketahui!

3 Ragam Batik Terpopuler di Indonesia yang Wajib Diketahui!

Ragam batik terpopuler – Batik adalah warisan budaya yang sangat agung dan hanya dimiliki Indonesia. Sudah sepantasnya kita sebagai Warga Negara Indonesia bangga dengan batik tersebut. Tidak hanya bangga kita harus ikut melestarikan kebudayaan tersebut dengan cara selalu menggunakan batik dalam berbagai macam kesempatan. Saat ini batik tidak hanya digunakan dalam acara formal saja namun non formal pun banyak yang menggunakan batik ini. Hal itulah yang menjadi batik ini unggul dimana tidak akan ditemui pada kain lainnya yang hanya bisa digunakan pada satu acar saja. Sebelum Anda mengetahui batik lebih jauh, berikut ini ada beberapa ragam batik terpopuler di Indonesia yang harus Anda ketahui:

Ragam batik terpopuler

Dolly

Dolly adalah kawasan pemukiman yang mana ada di gang kecil di kota Surabaya. Nama gang tersebut adalah gang jarak yang mana menjadi jenis tumbuhan yang mudah dan banyak ditemukan di sana. Batik Dolly ini di kenalkan  pada tahun 2014 dan semakin hari pamornya semakin bersinar. Yang menjadi ciri khas di batik ini adalah unsur kupu-kupu dan juga daun jarak yang mana menjadi lambang dari daerah tersebut. Seperti yang sudah diketahui sebelumnya bahwa kawasan ini adalah area lokalisasi yang akhirnya di tutup. Para pengrajin batik berusaha untuk mampu mengabadikan sejarah itu dengan motif kupu-kupu pada setiap helai batik sedangkan jarak ini menjadi ciri dari daerah asal batik itu.

Batik Kujang Kijang

Ragam batik terpopuler lainnya adalah Kujang Kijang. Batik ini asalnya dari kota Bogor Jawa Barat. Unsur kujang ini akan mengacu dari ikon terkenal kota tersebut dimana menjadi senjata tradisional Sunda yang menjadi lambang kota Bogor. Motif Kujang Kijang akan berdampingan mengharap ke empat penjuru. Motif ini memiliki maksud mendapatkan perlindungan dan juga keamanan di segala penjuru mata angin.

Mega Mendung

Ragam populer yang sudah familiar di tengah masyarakat adalah motif Mega Mendung. Motif ini di dominasi oleh awan yang warnanya adalah biru dan juga merah.  Batik ini menjadi kebanggaan dari warga Cirebon, Jawa Barat. Sesuai dengan namanya Mega Mendung ini adalah awan yang meredup. Jika Anda jeli motif ini akan memiliki 7 gradasi warna biru yang berbeda-beda. Gradasi warna tersebut memiliki makna yang dalam dan berkaitan dengan hal spiritual dimana warna merah dan biru adalah lambang penduduk Cirebon yang bersifat lugas, tegas, dan egaliter. Pesan yang terkandung di dalamnya manusia harus bisa bersabar dan juga bisa mendinginkan suasana.

Sudah seyogianya kita sebagai Warga Negara Indonesia turut serta dalam melestarikan budaya batik ini. Untuk melestarikan batik mulailah dengan menggunakan busana batik dari sekarang. Jika Anda membutuhkan batik mulai dari kain batik maupun seragam batik langsung jadi bisa menggunakan jasa kami Kain Batik Bagus. Kain Batik Bagus menyediakan berbagai macam kain batik dengan bahan yang berkualitas dan tidak luntur sehingga awet digunakan meski dalam jangka waktu yang lama dimana sistem yang kami berlakukan adalah made by order. Semoga beberapa informasi tentang ragam batik terpopuler yang disebutkan di atas bermanfaat bagi Anda terutama yang sedang mencari seragam atau busana batik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *