Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home / Kain Batik / Batik Betawi yang Unik dari Produsen Batik Jakarta yang Mampu Menarik Minat Konsumen

Batik Betawi yang Unik dari Produsen Batik Jakarta yang Mampu Menarik Minat Konsumen

Produsen Batik Jakarta – Pada tahun 2009 yang lalu batik telah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu atribut warisan budaya khas Indonesia yang tidak dimiliki oleh negara lain. Sehingga hal tersebut menjadi pemantik para pengusaha batik dalam membuat produk batik yang berkualitas. Seperti yang anda ketahui bahwa produk batik di Indonesia sendiri tidak dapat disamakan antara satu daerah dengan daerha lainnya. Karena pasti terdapat perbedaan motif dan corak yang sangat mencolok. Pada umumnya perbedaan ini ada karena sejarah perkembangan masing – masing daerah di Indonesia yang sudah tentu berbeda. Seperti Batik Jakarta yang memang mulai dikenal di mancanegara karena mengedepankan keunikan budaya Betawi dalam setiap motif yang digunakan. Oleh karena itu simak beberapa motif Batik Jakarta yang sangat unik dan menarik ini.

Produsen Batik Jakarta

Motif Rasamala

Rasamala sendiri merupakan salah satu tanaman rempah yang terdapat di Indonesia yang memiliki kulit kayu dengan aroma yang sangat wangi. Motif ini mulai digunakan ke dalam Batik Jakarta karena sejarah perkembangan daerah yang tak bisa dilupakan. Motif ini memiliki cerita mendalam dimana menggambarkan masa – masa awal Belanda mulai memasuki kawasan Indonesia dari wilayah Sunda Kelapa. Pada masa itu, keadaan Sunda Kelapa masih berupa hutan belantara yang banyak ditumbuhi oleh pohon Rasamala ini. Sehingga produsen Batik Jakarta menggunakan motif Rasamala untuk menggambarkan sejarah tanah Jakarta.

Motif Nusa Kelapa

Berbeda dengan motif rasamala yang diciptakan untuk menggambarkan masa dimana masuknya Belanda ke tanah Indonesia. Motif nusa kelapa ini sudah ada jauh sebelum itu, dimana sudah tercipta pada tahun 1482 sampai 1521. Motif ini sendiri merupakan hasil karya dari Peta Ceila yang merupakan peta unik pada masa kepemimpinan Prabu Siliwangi. Berdasarkan peta tersebut, dahulu Jakarta bernama Nusa Kelapa yang kemudian mengalami perubahan nama menjadi Sunda Kelapa, Jayakarta, Batavia, dan terakhir Jakarta. Sehingga motif ini banyak digunakan oleh produsen Batik Jakarta karena menceritakan perkembangan wilayah Jakarta.

Motif Salakanagara

Merupakan motif yang memiliki kaitan erat dengan berdirinya Kerajaan Betawi pertama di tanah Batavia. Motif yang banyak dipergunakan ini sebenarnya menggambarkan kebesaran Gunung Salak. Pada masa itu Kerajaan yang didirikan oleh Aki Tirem pada tahun 130 Masehi ini percaya bahwa Gunung Salak menyimpan kekuatan besar yang tak tertandingi.

Setelah mengetahui ragam motif batik yang digunakan oleh produsen Batik Jakarta maka tentunya anda semakin ingin memiliki Batik Jakarta. Selain itu anda juga bisa memesan batik pada kami di Kainbatikbagus.com yang menerima pesanan batik printing, batik cap, dan batik tulis dengan harga yang sangat terjangkau. Untuk info dan pemesanan silakan hubungi kami WA 0822 5959 2299

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *