Home / Seragam batik / Cara Mendeteksi Keaslian Seragam Batik Dari Sisi Kainnya

Cara Mendeteksi Keaslian Seragam Batik Dari Sisi Kainnya

Rate this post

Di era sekarang tentu batik sesuatu hal yang baru lagi karena sudah banyak pemakaiannya baik di kancah lokal maupun di mancanegara. Bahkan untuk membelinya pun juga tidak sulit dimana semua itu bisa dilakukan dengan cara online. Sehingga, pada saat akan melakukan pembelian cukup dilakukan dengan menggunakan smartphone saja.

Tetapi di balik itu semua tahukan kamu akan keaslian kain yang akan digunakan untuk seragam batik itu? Hal seperti ini tentu jarang disadari oleh setiap orang karena yang mereka tahu dari desainya saja tanpa melihat kualitas kain. Padahal kesalahan dalam memilih batik tentu akan mudah rusak jika bukan dari kain yang asli. Sehingga, kamu sangat perlu untuk mengetahui bagaimana mendeteksi keaslian dari kain batik yang digunakan oleh produsen yang ada.

seragam batik

Warna Kain

Kebanyakan orang sekarang pasti mengenal batik ini hanya dari warnanya yang solid dan juga teratur. Hal seperti ini tentu bisa dikatakan bukan batik asli karena proses pembuatannya menggunakan mesin. Batik yang asli tentu lebih banyak menggunakan tangan atau lebih banyak dikenal dengan handmade.

Sehingga batik yang asli pasti dari sisi warnanya juga terlihat seperti buram dan juga tidak memiliki warna yang tidak solid. Hal ini karena proses pembuatannya hanya dilakukan oleh orang yang profesional di bidangnya. Karena prosesnya dengan tangan tentu harganya pun juga tidak main-main alias harganya yang sangat mahal.

Tekstur Kain

Selain dari sisi warna, hal lain yang juga bisa kamu deteksi adalah pada bagian teksturnya. Jika kamu memiliki batik dengan tekstur lembut dan terkesan mudah jatuh tentu itulah kain yang asli. Dikatakan demikian karena batik yang asli tentu dibuat dari bahan sutra atau katun asli sehingga pada saat proses pewarnaan akan merasap secara sempurna pada kain.

Sedangkan untuk tektur kain batik yang palsu umumnya bahan kainnya kaku dan terlihat lebih tebal. Kain seperti ini karena buhan dari bahan katun melainkan dari polyster sehingga pada saat proses pewarnaan tidak akan meresap secara sempurna pada kain. Untuk itu, hal seperti ini tentu perlu diperhatikan agar kamu tidak salah menganalisa pada kain batik.

Bau Pada Kain

Cara lainnya yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui keaslian batik adalah pada bau yang ada di kain. Sebagaimana diketahui jika batin tersebut sebenarnya dibuat dari bahan lilin sehingga bau asli dari batik tentu bau khasnya yaitu lilin. Kamu bisa mendekatkan kain tersebut ke hidup untuk memastikan bau kain itu apakah dari lilin atau bukan.

Sedangkan untuk batik palsu umumnya bau pada kainnya itu dari bahan minyak. Hal ini tidak lain karena proses pembuatannya menggunakan mesin sehingga harganya lebih murah. Tetapi untuk batik asli tentu proses pembuatannya dengan menggunakan tangan atau handmade

Itulah beberapa hal terkait cara mengetahui akan keaslian batik yang kamu miliki sekarang ini. Dengan keterangan di atas tentu kamu harus menganalisa dengan benar jika akan menggunakan seragam batik baik untuk keluarga, teman atau yang lainnya. Menggunakan batik asli tentu akan membuat kamu lebih nyaman ketika dipakai daripada batik yang palsu.

Dari penjelasan yang ada di atas tentu hal yang paling mudah dikenali adalah dari sisi bahan yang digunakan. Jadi kain batik yang asli tentu dari sisi warnanya tidaklah solid dan terlihat seperti buram. Hal ini tentu karena proses pembuatannya dengan menggunakan tangan dan harganya pastinya sangat mahal.

Tunggu apalagi, segera lakukan pemesanan seragam batik di Kainbatikbagus sekarang juga dan dapatkan harga yang menarik. Untuk info dan pemesanan silakan hubungi kami sekarang juga WA 0822 5959 2299

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.