Home / Seragam batik / Sangat Penting, Tips Merawat Seragam Batik Agar Bisa Awet

Sangat Penting, Tips Merawat Seragam Batik Agar Bisa Awet

Rate this post
Sebagai warga negara Indonesia tentu sudah pasti harus memiliki baju batik khususnya seragam batik. Hal ini tidak lain karena baju satu ini diakui oleh dunia khususnya UNESCO dimana Indonesia dikenal dengan budaya batiknya yang terbaik. Karena itu patutlah bangga sebagai warga negara Indonesia untuk memilikinya dan menggunakannya di beberapa acara penting.

Jika sudah memiliki tentu juga harus bisa merawatnya agar bisa awet dan juga tidak mudah rusak. Dikatakan demikian karena jika perawatan ini salah maka akan merusak pada bagian  motif dan juga warna dari batik ini sendiri. Untuk itu, kamu perlu mengetahui bagaimana sebenarnya merawat baju batik ini agar tidak mudah rusak.

seragam batik

Hindari Mesin Cuci

Dengan memiliki mesin cuci tentu akan meringankan beban pada saat mencuci pakaian dalam jumlah yang banyak. Tetapi khusus baju batik tentu jangan sampai menggunakan mesin cuci pada saat ingin membersihkannya. Mencuci dengan mesin ini tentu akan membuat kamu motif pada batik tersebut bisa cepat rusak. Selain itu juga, bagian warna dari batik ini juga akan cepat kusam dan warna aslinya bisa cepat luntur.

Untuk itu solusi paling tepatnya adalah menggunakan tangan agar bisa lebih aman. Untuk mencuci batik ini tidak harus seperti mencuci pakaian dengan banyak noda. Kamu hanya cukup mencuci secara ringan saja karena motif yang ada pada batik ini dibuat secara tipis sehingga jika terlalu keras dalam mencuci akan membuat kainnya cepat rusak.

Pisahkan Pakaian Lain

Batik memiliki corak warna yang sangat cemerlang dan juga harganya yang terkadang bisa dikatakan tidak murah lagi. Sehingga, pada saat akan di cuci kamu harus memisahkan dengan pakaian lain khususnya yang mudah luntur. Jika hal ini dibiarkan maka warna dari pakaian lain akan masuk ke batik ini sehingga akan merusak warna asli dari batik.

Jika sudah demikian tentu batik yang awalnya bagus akan terlihat tidak menarik lagi untuk dipandang. Maka dari itu sebaiknya ketika mencuci, kamu bisa mencuci terlebih dahulu baju batik ini sebelum pakaian lainnya. Dengan seperti ini tentu akan lebih aman dan juga tidak akan merusak motif dan juga warna dari batik tersebut.

Hindari Mencuci Dengan Detergen Pada Umumnya

Dalam mencuci batik tidak hanya harus dipisahkan dengan pakaian lain tetapi bahannya pun harus berbeda. Sehingga, kamu tidak boleh menggunakan detergen seperti pada umumnya karena di dalamnya mengandung zat adiktif yang keras. Jika ini dibiarkan tentu akan membuat warnanya akan lebih mudah rusak dan juga motifnya juga mudah lapuk.

Cara paling mudahnya adalah kamu bisa mencuci batik ini dengan menggunakan shampoo. Pilihan pada shampoo karena zat adiktif di dalamnya tergolong lembut sehingga tidak akan merusak warna dan juga motif pada batik tersebut. Untuk jenis shampoonya tentu boleh apa saja karena semua shampoo memang dibuat dengan zat adiktif yang tidak keras.

Itulah beberapa perawatan seragam batik yang perlu kamu lakukan agar tidak mudah rusak. Jdi dalam proses perawatan ini kamu harus bisa memisahkan antara baju batik dengan baju lainnya. Ketika semua itu sudah dipisahkan maka proses pencuciannya tidak boleh menggunakan mesin cuci tetapi menggunakan tangan. Selain itu, untuk proses mencucinya pun tidak boleh menggunakan detergen tetapi harus menggunakan shampoo. Dengan cara seperti ini maka bisa dipastikan batik yang kamu miliki akan awet dan tidak mudah rusak.

Tunggu apalagi, segera lakukan pemesanan seragam batik di Kainbatikbagus sekarang juga dan dapatkan harga yang menarik. Untuk info dan pemesanan silakan hubungi kami sekarang juga WA 0822 5959 2299

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *