Home / Seragam batik / Inilah Motif Seragam Batik Paling Banyak Dikenakan Oleh Para Pejabat

Inilah Motif Seragam Batik Paling Banyak Dikenakan Oleh Para Pejabat

Rate this post
Batik merupakan salah satu baju andalan Indonesia yang kebanyakan memang menunjukkan khas suatu daerah. Sehingga, dengan adanya batik ini secara tidak langsung mereka mengenalkan daerah tempat dimana mereka tinggal. Batik-batik yang dibuat pun juga banyak digunakan untuk membuat seragam baik itu formal maupun informal.

Sehingga dengan batik-batik ini para pekerja lebih terlihat gagah dan juga lebih bersemangat dalam bekerja. Berikut ada beberapa motif batik yang biasa digunakan oleh pejabat pemerintahan baik di kota maupun di daerah. Batik-batik ini tentu bukan hanya dari satu daerah tetapi dari berbagai daerah dan kota yang ada di Indonesia.

seragam batik

Jahe Serempang Kandang

Salah satu motif lain yang juga bisa digunakan untuk seragam kantor atau lainnya juga bisa menggunakan motif jare serempang kandang. Motif satu ini berasal dari daerah Indramayu dimana mereka mengusung konsep jahe dalam batik tersebut. Jahe dipilih karena memang sifatnya yang menggerombol antara satu dengan  yang lainnya itu. Selain itu, jahe juga dipercaya juga mampu memberikan kehangatan ketika disajikan dalam bentuk minuman.

Dengan sifatnya yang menggerombol ini diharapkan para pemakainya juga bisa mampu saling menjalin silaturahmi antar keluarga dan teman. Selain itu, harapan lainnya adalah antara satu dan yang lainnya juga saling memberikan manfaat khususnya di kala susah. Motif batik ini dibuat dengan latar belakang warna putih dan diberikan sentuhan warna lain seperti ungu, biru dan warna lainnya.

Motif Kahuripan

Selain motif jahe serempang kandang, juga ada motif batik lain yang juga digunakan untuk seragam yaitu motif kahuripan. Motif batik satu ini berasal dari kota Purwakarta dan juga banyak digunakan oleh pejabat di daerah tersebut baik di kota maupun di daerah. Motif batik yang ada di batik ini dibuat dengan latar belakang warna hitam dan juga diberikan sentuhan warna lainnya yang lebih kontras.

Dalam motif ini menurut para pengerajinnya ini memiliki tiga makna yaitu iman, islam dan ihsan. Bahkan di beberapa bagian pada batik tersebut juga terlihat ada dua pilar yang berdiri tegak. Pilar tersebut juga melambangkan akan dua kalimat syahadat yang ada di dalam agama islam. Untuk itu, kamu pun juga bisa menggunakan batik ini untuk seragam  baik itu bersama keluarga, teman dan kerabat yang lainnya.

Batik Majalengka

Motif lainnya yang juga tidak kalah menarik dan juga banyak digunakan untuk seragam adalah batik Majalengka. Batik satu ini memang terlihat paling berbeda karena dari konsep pembuatannya memang sangat kental dengan warisan para leluhurnya. Hal ini bisa terlihat pada gambar yang ada pada batik dimana ada hewan kujang, buah maja dan juga mahkota.

Simbol yang ada pada batik tersebut ini memang merupakan cerita dari para leluhur sebelum adanya kota Majalengka ini. para simbol tersebut memang lebih banyak menggambarkan akan adanya cerita kerajaan di masa lampau salah satunya kerajaan Padjajaran.

Itulah beberapa motif seragam batik yang bisa kamu gunakan baik untuk kegiatan formal maupun informal. Semua motif tersebut dibuat sedemikian rupa agar memberikan kesan yang berbeda pada para pemakainya. Tidak hanya itu, semua batik tersebut juga tidak hanya mengandalkan pada sisi desainnya saja tetapi juga bahan yang digunakan.

Bahan yang digunakan pada batik tersebut juga dibuat dengan bahan yang berkualitas tinggi dan juga bisa memberikan kepuasan pada pemakainya. Selain itu, corak yang ada di batik tersebut tentu akan membuat orang mengenali bahwa batik tersebut berasal dari daerah tertentu.

Tunggu apalagi, segera lakukan pemesanan seragam batik di Kainbatikbagus sekarang juga dan dapatkan harga yang menarik. Untuk info dan pemesanan silakan hubungi kami sekarang juga WA 0822 5959 2299

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *