Home / Seragam batik / Inilah Perbedaan Seragam Batik Solo Dan Yogyakarta

Inilah Perbedaan Seragam Batik Solo Dan Yogyakarta

Rate this post

Jika sudah menyebut nama batik tentu tidak lepas dari dua kota yaitu Yogyakarta dan Solo. Kedua kota tersebut sudah sangat terkenal dengan produsen batik untuk kalangan lokal maupun mancanegara. Jadi, ketika kamu jalan-jalan ke kota Solo atau Yogyakarta rasanya tidak lengkap jika tidak membeli batik khas kota tersebut.

Dari berbagai sisi terkadang banyak orang yang kurang bisa membedakan mana seragam batik khas Yogyakarta dan Solo. Kedua batik tersebut sekilas memang terlihat hampir sama tetapi pada kenyataanya berbeda. Ada beberapa perbedaan dari kedua batik tersebut yang perlu kamu ketahui agar tidak salah menyebut batik-batik yang ada.

seragam batik

Latar Belakang Warna

Salah satu perbedaan yang dapat dikenali dari kedua batik dari dua kota berbeda ini dapat dilihat dari latar belakangnya. Untuk batik dari kota Solo umumnya latar belakang warna menggunakan warna gelap seperti hitam dan coklat. Sedangkan untuk batik dari kota Yogyakarta ini latar belakangnya menggunakan warna putih.

Tetapi ada juga terkadang batik Yogyakarta yang dari sisi warna latar belakangnya menggunakan warna gelap. Meski ada yang model seperti ini tentu warnanya tidak gelap asli melainkan ada sedikit kombinasinya. Misalnya saja warna hitam agak kebiru-biruan atau warna hitam yang lebih condong ke warna lainnya yang lebih soft.

Arah Motif

Selain dari latar belakang, perbedaan lainnya yang terlihat pada batik Solo ini terlihat dari arah motifnya. Hal ini dapat terlihat dari gambar parang yang ada pada batik dari kedua kota tersebut. Meski sama-sama menggunakan gambar parang tetapi arah motifnya tentu berbeda.

Bentuk perbedaan ini dapat terlihat pada arahnya yaitu untuk Solo arah motifnya dari kiri atas ke kanan bawah. Sedangkan untuk batik dari kota Yogyakarta itu arah motifnya dari kanan atas ke kiri bawah. Selain itu, perbedaan lainnya juga terlihat ada motif lain pada gambar parang tersebut untuk batik dari kota Solo.

Motif Pendamping

Pada batik Solo ataupun batik Yogyakarta tentu ada juga yang menggunakan motif pendamping di sebelah motif utama. Meski dari sisi motif utamanya sama tetapi dari sisi motfi pendampingnya terlihat berbeda. Bentuk motif pendamping ini untuk kota Solo itu terlihat lebih variatif. Sedangkan untuk motif pendamping kota Yogyakarta juga variasinya tidak begitu variatif.

Ketebalan Garis

Perbedaan lainnya dari batik Solo dan juga Yogyakarta juga terlihat pada ketebalan garis yang ada di dalamnya. Untuk batik Solo tingkat ketebalan garisnya terlihat tipis dan juga lebih kecil dari motif lainnya. Sehingga jika kamu menemui ada garis-garis yang bentuknay tipis tentu dipastikan jika batik tersebut berasal dari produsen Solo.

Sedangkan untuk batik yang berasal dari kota Yogyakarata itu ketebalan garisnya tebal dan juga besar. Bentuk ketebalan ini tentu bisa terlihat dengan jelas untuk beberapa motif yang ada pada batik di kota tersebut.

Itulah beberapa perbedaan seragam batik dari kota Yogyakarta dan juga kota Solo. Berbagai perbedaan ini tentu dapat dilihat dari ketiga perbedaan di atas sehingga ketika kamu pergi ke suatu daerah tentu sudah bisa membedakan mana batik Solo dan Yogyakarta. Sehingga, ketika kamu ingin membeli batik Solo tentu tidak dapat dibohongi oleh penjual yang menjual batik Yogyakarta. Dengan ini, tentu kamu bisa mempraktekkan sendiri di dunia nyata untuk melihat secara real seperti apa perbedaan ini terlihat.

Mau membuat seragam batik yang nyamanjangan lupa untuk memesannya di Kainbatikbagus agar Anda bisa mendapatkan kain yang nyaman dan sesuai harapan. Untuk info dan pemesanan seragam batik atau kain batik anda bisa menghubungi WA 0822 5959 2299

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *