Home / Kain Batik / Motif Batik Yang Cocok Untuk Seragam Batik dan Tempat Beli Batik Paling Populer

Motif Batik Yang Cocok Untuk Seragam Batik dan Tempat Beli Batik Paling Populer

Rate this post

Batik adalah warisan budaya yang hanya dimiliki Indonesia. Batik merupakan sebutan untuk kain yang dilukis dengan motif-motif khusus yang memiliki filosofi dan makna menggunakan canting dan lilin malam. Batik dulunya hanya dipakai pada acara tertentu saja, namun saat ini batik sudah menjadi pakaian sehari dan dijadikan seragam. Seragam batik biasa digunakan di sekolah, kantor, dan lain-lain.

Motif yang cocok untuk seragam batik

Batik yang dulunya dianggap kuno, justru sekarang banyak disukai dunia internasional. Batik merupakan motif yang dapat digunakan untuk laki-laki maupun perempuan. Namun kadang kala banyak orang yang ingin membuat seragam batik kantor, sekolah, guru, dan lainnya yang masih bingung dalam memilih motif batik.

seragam batik

Untuk itu berikut adalah inspirasi motif seragam batik yang dapat Anda jadikan referensi dalam membuat seragam antara lain:

  1. Sekar Jagad

Sekar jagad adalah motif yang berasal dari daerah Yogyakarta dengan warna coklat gelap. Motif ini terlihat elegan dengan warna coklat gelap dan detail yang banyak. Motif sekar jagad memiliki makna kecantikan dan keindahan. Seperti terdapat gambar pulau-pulau, lautan, hutan, dan lainnya yang membuat banyak orang juga menganggap motif ini adalah peta dunia.

  1. Batik kawung

Motif batik kawung merupakan salah satu motif batik tertua di Indonesia. Pada sejarahnya dahulu motif batik kawung hanya boleh dikenakan oleh raja, permaisuri, dan keluarga kerjaan saja. Motif batik kawung banyak sekali dijadikan inspirasi para desainer membuat batik yang dapat digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Namun saat ini motif batik kawung sangat cocok dan modern untuk seragam batik kantor yang bisa dipadukan dengan kain celana yang polos. Asal usul nama kawung sendiri berasal dari buah kawung atau buah aren.

  1. Batik Solo

Warna asli Batik Solo adalah kecoklatan dengan motif lekukan sungai Bengawan Solo. Batik Solo sudah sangat populer dan biasa digunakan untuk dijadikan seragam batik kantor dan seragam lainnya.

  1. Batik Pekalongan

Batik Pekalongan sudah tidak asing lagi karena pekalongan termasuk dalam daerah asal dan penghasil batik terbesar dengan banyaknya produsen seragam batik yang ada. Batik Pekalongan tidak hanya memiliki warna cokelat, tapi ada juga warna-warna cerah lainnya seperti merah, biru, merah muda, kuning, dan ungu. Dengan warna-warni tersebut, Batik Pekalongan memiliki arti bahwa Indonesia kaya akan keberagaman fauna dan flora.

  1. Mega mendung

Mega mendung adalah motif batik terkenal yang berasal dari daerah Cirebon Indonesia. Mega mendung adalah motif yang simpel, tidak banyak detail motif, sehingga banyak disukai. Banyak desainer papan atas Indonesia yang telah membawa motif mega mendung dalam karyanya dan mempertunjukkannya di dunia internasional. Sesuai dengan namanya motif utama batik ini adalah gambar awan  yang berwarna-warni seperti biru, merah, hijau, dan lain-lain.

Tempat Beli Seragam Batik Paling Populer

Daerah yang paling populer untuk memborong kain batik adalah Yogyakarta. Di Yogyakarta kamu bisa mendapat batik dengan berbagai motif dan harga yang terjangkau. Bahkan ada pepatah yang mengatakan belum komplit ke Yogyakarta jika tidak pulang membawa kain batik. Tempat beli seragam batik di Yogyakarta yang terkenal antara lain malioboro, pasar beringharjo, dan yudhistira. Walaupun lokasinya berada di Yogyakarta, tapi tenang saja. Tidak hanya batik Yogyakarta yang tersedia, ada juga batik Pekalongan, Cirebon, dan masih banyak lagi.

Untuk membuktikan kualitas desain motif dan kain produksi perusahaan kami, anda bisa menghubungi SMS atau WA kami di nomor 0822 5959 2299

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.