Tips Membeli Kain Batik

kain batik

Kualitas sebuah kain batik, tentunya sangat mempengaruhi tingkat kenyamanan seseorang ketika menggunakannya. Sebenarnya harga jual kain batik ini, dipengaruhi oleh 2 hal, yaitu jenis kain yang digunakan dan teknik pembuatan batik itu sendiri.

  1. Perhatikan teknik cetak batik

Hal pertama yang tentunya dapat Anda perhatikan, ketika akan membeli sebuah kain batik adalah, teknik cetak yang digunakan pada batik itu sendiri. Seperti diketahui bersama, teknik pembuatan kain batik, dibagi menjadi 3 jenis, yaitu, teknik cap, teknik printing dan teknik tulis. Khusus untuk teknik tulis, biasanya harganya jauh lebih mahal, karena batik tulis mempunyai kualitas kain dan kualitas hasil cetak yang jauh lebih bagus, ketimbang baik cetak atau batik printing. Hal ini, karena teknik batik tulis dinilai lebih rumit proses pembuatannya, ketimbang jenis lainnya.

Yang biasanya banyak beredar di pasaran saat ini, adalah jenis kain batik printing dan juga jenis kain batik cap. Salah satu keunggulan dari kain batik printing adalah dapat dicetak di berbagai jenis kain apapun, dengan skala cepat.

  1. Perhatikan jenis bahan

Hal berikutnya yang perlu Anda perhatikan ketika membeli kain batik adalah jenis bahan batik itu sendiri. Produsen kain batik, biasanya menggunakan berbagai macam jenis bahan untuk membuat batik, seperti bahan katun, sutra, rayon, shiffon dan yang jenis bahan lainnya. Masing-masing bahan, tentunya mempunyai karakteristik tersendiri. Anda dalam hal ini perlu memperhatikan kualitas bahan kain itu sendiri. Pastikan bahan kain batik tersebut, nyaman digunakan, dan tidak terasa panas ketika digunakan.

  1. Sebaiknya raba hasil cetak warna yang ada

Ketika membeli kain batik, raba kain tersebut. Disini Anda dapat memastikan, bahwa warna kain tidak menempel ke tangan, atau tidak luntur. Karena seperti diketahui bersama, banyak kain batik yang mengalami luntur, ketika pertama kali dicuci. Itu menunjukkan bahwa kualitas hasil cetak, kurang baik.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan kualitas hasil cetak batik itu sendiri. Pastikan kualitas hasil cetak baik, dan tidak ada yang cacat. Karena hal ini sedikit banyak akan mempengaruhi penampilan batik.

Hal ini, penting untuk Anda perhatikan, terutama ketika membeli dan memesan kain seragam batik. Pastikan kualitas hasil cetak baik, sehingga kain seragam yang kelak akan digunakan dalam kondisi awet, dan nyaman digunakan.

  1. Coba untuk membalik bahan

Selain mengecek kualitas hasil cetak. Anda juga perlu memperhatikan bagaimana penampakan bagian belakang dari kain batik itu sendiri. Pada kain batik yang berkualitas, biasanya tampak depan dan tampak belakang, kurang lebih sama. Itu artinya, proses pembuatan batik tersebut, detail, sehingga membuat kualitas kain jadi lebih awet.

Demikian pula ketika Anda membeli kain batik murah, Anda juga perlu memperhatikan, bagian belakang dari kain itu sendiri. Jika bagian belakang dan depan tampak berbeda, ada kemungkinan, kain batik kurang awet, dan akan mudah pudar.

  1. Tempelkan pada kulit

Seperti yang telah dijelaskan selintas di atas, ketika Anda hendak membeli sebuah kain batik, ada baiknya jika coba menempelkannya di kulit, atau merabanya. Pastikan ketika digunakan, kain terasa dingin, dan tidak panas. Hal ini biasanya akan dipengaruhi oleh jenis kain yang digunakan. Beberapa jenis kain batik, mempunyai tekstur yang sedikit kaku. Tapi Anda tidak perlu khawatir, biasanya hal ini terjadi karena reaksi kain ketika proses pencetakan. Tapi kain batik akan semakin melunak, seiring Anda sering mencuci kain itu sendiri

kain batik

kami  kainbatikbagus.com salah satu  pabrik kain batik printing murah di solo solusi tepat untuk produksi seragam batik sekolah ataupun batik untuk keperluan lainnya, untuk pemesanan hubungi kami sekarang juga, dengan pemilihan bahan dan sdm terbaik kami akan melayani dengan sepenuh hati dan dengan kualitas terbaik, anda bisa menghubungi kami via sms / WA di nomor 0822 5959 2299

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *