Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home / Batik Printing / Tips Memilih Kain Batik Berkualitas

Tips Memilih Kain Batik Berkualitas

Tips Memilih Kain Batik Berkualitas

Kualitas kain batik sangat berpengaruh terhadap tingkat kenyamanan saat memakainya. Dimana semakin baik kualitasnya, harganya pun semakin mahal. Meskipun demikian, faktor penentu harga jual kain bermotif batik ialah dari tingkat kesulitan pembuatannya. Jika Anda sangat memperhatikan nilai kualitas barang, memilih jenis kain  yang berkualitas merupakan hal terpenting yang harus dilakukan. Di bawah ini kami akan jelaskan beberapa tips memilih kain motif batik yang berkualitas.

Tips Memilih Kain Batik Printing Berkualitas

kain batik berkualitas

  1. Perhatikan Jenisnya

Sebelum membeli, sebaiknya tentukan jenis kain yang ingin dibeli terlebih dulu, apakah jenis batik tulis atau batik cetak. Biasanya, pada kain motif batik tulis kualitasnya lebih baik daripada batik cap atau cetak. Selain itu, harganya juga lebih mahal. Ini dikarenakan untuk membuat jenis batik ini diperlukan keterampilan yang tinggi dalam proses pembuatannya memakai alat-alat khusus seperti canting. Proses pencantingan ini merupakan cara pertama untuk membuat kain batik, karenanya dianggap sebagai proses tradisional serta hasilnya menampilkan nilai historis tersendiri untuk mendongkrak harga jualnya.

  1. Jenis Bahan Batik

Ketika Anda membeli kain bermotif batik, sebaiknya pilih jenis bahan kainnya. Untuk aktivitas sehari-hari, Anda bisa memilih batik yang berbahan katun. Karakteristik bahan katun ini dapat menyerap keringat, sehingga bisa memberikan kenyamanan yang lebih baik untuk Anda. Berbeda jika untuk acara-acara tertentu yang lebih formal seperti pesta, maka batik berbahan sutra dapat dijadikan pilihan ideal. Bahan-bahan tersebut merupakan bahan terbaik bagi kedua jenis acara/kegiatan yang akan dilakukan.

  1. Cetakan Warna

Raba dan perhatikan warna cat pada kain batik terlebih dulu. Pastikan jika warnanya tidak menempel ke tangan. Jika warna cat pada kain bermotif batik meninggalkan bekas pada tangan, itu artinya pewarna kainnya berkualitas rendah. Jika hal ini terjadi dapat menyebabkan luntur, karenanya kain bermotif batik Anda secara perlahan bisa memudar.

  1. Membalik Bahan

Cobalah membalik bahan pada kain bermotif batik yang ingin dibeli. Biasanya kain berkualitas baik mempunyai cetakan dalam dan luar yang sama. Dengan demikian, saat Anda membalik bahan pada kain, maka warna dan motif di dalamnya sama seperti di bagian luar. Hal ini menunjukkan jika kain ini sudah melewati proses pembuatan secara detail, serta lebih awet dibandingkan kain batik di bagian dalam dan luar yang berbeda.

  1. Tempelkan di Kulit Anda

Cobalah menempelkan kain motif batik yang akan dibeli ke bagian kulit, dari sinilah Anda dapat merasakan jika kain tersebut terasa dingin saat digunakan. Hal tersebut berarti bahwa bahan kain tersebut adalah kain berkualitas bagus. Jenis kain motif batik ini juga tak mudah kusam walaupun Anda mencucinya hingga berkali-kali. Selain itu, jangan takut jika Anda menjumpai kain yang bersifat kaku, sebab hal tersebut seringkali terjadi serta akan melunak dengan sendirinya sesudah dicuci.

Kami  produsen kain batik Solo yang sudah siap dijahit, sehingga bisa dijadikan berbagai pilihan busana batik berdasarkan keinginan Anda. Jenis-jenis kain bermotif batik yang ditawarkan terdiri atas batik print cabut, batik print, batik cap tulis, batik tulis, dan batik kombinasi tulis. Batik print sendiri diproses dengan cara manual memakai teknik sablon.

Umumnya proses pembuatan batik printing tak berbeda dari pembuatan spanduk, yang berbeda hanya pada jenis pewarnaan dan bahan kainnya. Jenis kain yang dijual melalui proses manual artinya kami kerjakan menggunakan tenaga manusia memakai alat-alat sederhana tanpa mesin pabrik

Terkait dengan harga batik printing, sebenarnya bisa saja dinegosiasikan. Apalagi bila Anda memesan dalam partai besar. Maka harga yang lebih miring akan diberikan oleh produsennya. Sebelum memesan kain batiknya pastikan Anda sudah menentukan desain atau motifnya. Sesudah itu mintalah sampel pembuatannya, sebelum diproduksi secara massal.

Nah, kalau Anda sudah mantap dengan  hasilnya maka prosesnya bisa dilanjutkan hingga jumlah yang dipesan.  Jadi pilihlah pembuat batik printing terpercaya, dengan harga kompetitif. Sehingga Anda bisa mendapatkan harga kain batik murah, tapi dengan kualitas prima.

Hubungi Kami 0822-5959-2299

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *