Home / Seragam batik / Perlu Diketahui, Cara Menyimpan Seragam Batik Agar Bisa Tahan Lama

Perlu Diketahui, Cara Menyimpan Seragam Batik Agar Bisa Tahan Lama

Rate this post
Mempunyai baju batik tentu berbeda dengan baju-baju lainnya yang ada di pasaran. Oleh karena ini tentu perlu adanya proses penyimpanan yang benar sehingga baju tersebut bisa tahan dalam jangka waktu yang lama. Penyimpanan ini menjadi penting ketika baju tersebut dalam bentuk seragam batik kerja atau khusus acara tertentu.

Tentu kamu tidak ingin seragam tersebut rusak atau ada beberapa bagian yang sudah mulai tidak layak pakai lagi. Itulah kenapa kamu wajib mengetahui cara menyimpan baju tersebut apalagi jika urusannya dengan seragam kerja. Seragam yang seperti ini tentu ada logo perusahaan di dalamnya sehingga harus benar-benar dijaga agar tidak mudah rusak.

seragam batik

Jangan Dilipat

Cara menyimpan paling mudah untuk seragam dalam bentuk batik ini adalah tidak boleh dilipat. Dikatakan demikian karena di dalam batik itu ada serat-serat khusus dimana jika ini dilipat tentu akan membuat serat tersebut mudah lapuk. Jika sudah demikian akan merusak serat dan tentunya juga akan merusak baju batik itu sendiri jika terus-menerus dilipat dalam waktu yang lama

Cara paling mudah dan juga tepat untuk seragam batik ini adalah dengan cara di gantung. Untuk menggantungnya pun tidak boleh sembarangan tetapi harus menggunakan busa pada bagian-bagain tertentu. Jika ingin menjepit seragam ini tentu jangan asal dijepit tetapi jepitan tersebut juga harus dilapisi dengan tisu.

Hindari Pewangi Lemari

Beberapa orang dalam membuat batik semakin awet terkadang memberikan beberapa pewangi ketika dimasukkan ke dalam lemari. Cara seperti ini jelas salah dan akan membuat batik tersebut bisa rusak dan juga kusam. Jika ingin tetapi menggunakan pewangi maka kamu harus membungkus batik tersebut dengan plastik. Jadi hindari kontak langsung antara batik dengan wangi-wangian yang biasa digunakan oleh kebanyakan orang.

Ada baik jika ingin memberikan tentu bisa dilakukan dengan cara yang alami dan memanfaatkan tumbu-tumbuhan yang ada. kamu bisa menggunakan akar pewangi yang sudah dikeringkan dalam waktu yang lama. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan lada yang dibungkus dengan kain lalu disebar di beberapa sudut lemari.

Hindari Penyemprotan Parfum

Untuk memberikan kesan yang lebih berkesan terkadang banyak orang yang menyemprot parfum ke baju atau seragam batik yang digunakan. Cara seperti ini tentu salah karena cairan aktif di dalam parfum ini akan membuat motif batik bisa cepat cepat rusak. Selain motif juga bagian warna asli dari batik juga cepat rusak karena adanya kontak langsung antara batik dan parfum.

Jika kamu ingin menggunakan parfum maka cara paling mudah adalah menyemprotkan parfum ini ke baju dalaman. Dengan cara seperti ini tentu tidak ada kontak langsung dengan batik sehingga akan lebih aman. Cara seperti ini tentu tidak hanya aman tetapi kamu juga tetap wangi dengan tanpa merusak warna dan juga motif dari batik itu sendiri.

Itulah beberapa cara menyimpan seragam batik agar tetap tahan dalam jangka waktu yang lama. Inti dari ini semua adalah kamu harus menghindari proses melipat baju tersebut ketika akan dimasukkan ke dalam lemari. Jika ingin diletakkan di dalam lemari tentu cara yang benar adalah dengan cara digantung.

Proses menggantung pun juga ada acaranya yaitu dengan memberikan lapisan busa pada batik tersebut. Dengan cara seperti ini tentu tidak akan merusak pada motif yang ada pada batik yang kamu gunakan ini.

Tunggu apalagi, segera lakukan pemesanan seragam batik di Kainbatikbagus sekarang juga dan dapatkan harga yang menarik. Untuk info dan pemesanan silakan hubungi kami sekarang juga WA 0822 5959 2299

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *